Tips Jitu Rencana Beli Tiket Pesawat Sebelum Mudik 

Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Beberapa bulan lagi, umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri. Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, untuk pulang ke kampung halaman bertemu sanak saudara atau biasa dinamakan mudik. 

Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, untuk bisa memperoleh tiket pesawat yang murah, pemesanan harus dilakukan sejak jauh-jauh hari. 

"Karena, kalau pesawat itu agak berbeda dari kereta, mepet-mepet ada, tetapi harganya mahal banget," kata Gaery, saat jumpa pers H-90 di Jakarta, Kamis 21 Februari 2019. 

Untuk itu, ia menegaskan bahwa pembelian tiket yang dekat dengan hari penerbangan adalah cara membeli yang salah. Menurutnya, perencanaan mudik sejak awal merupakan cara jitu untuk mendapatkan tiket yang murah. 

"Makanya orang salah beli mepet, ini Februari-Maret itu low season, harganya jauh lebih murah dari April-Mei. Hotel juga sudah bisa (dipesan), jadi rencanakan mudik dengan rapi," katanya. 

Sedangkan untuk tiket kereta api, Gaery mengatakan, setidaknya penumpang biasakan stand by atau melakukan pengecekan pada pukul 00.00 WIB, saat sistem penjualan tiket tujuan tertentu dibuka. 

"Kalau tidak dapat tiketnya dari jam 0 sampai jam 1 dan jam 2, itu biasanya karena masalah sistemnya, misalnya mau beli ke Solo ternyata habis. Misalnya belum dibayar di sana, jadi status bisa berubah tergantung metode pembayaran," katanya. 

Ia juga menegaskan bahwa calo tiket kereta api saat ini juga sudah tidak lagi diperlukan. 

"Sekarang kan, KAI itu juga harus benar-benar sesuai dengan KTP. Jadi, calo tidak berfungsi di kereta api. Itu setiap destinasi dibuka bergilir. Kita akan coba bantu," ujarnya. (asp)