Delapan Jurus Ampuh Agar Jadi Karyawan Terbaik di Kantor

Salah satunya, sambut pagi hari dengan senyuman.
Sumber :
  • Pixabay/FirmBee

VIVA – Salah satu kelalaian karyawan tetap adalah cepat berpuas diri atas prestasi yang sudah diraih. Padahal, atasan menginginkan adanya inovasi, kreativitas, dan peningkatan kinerja demi kemajuan perusahaan.

Apabila keinginan ini tidak tercapai, maka atasan tidak segan-segan untuk melayangkan surat peringatan hingga pemecatan kepada karyawan. Itu sebabnya mendapat titel karyawan terbaik di perusahaan sangat penting, sehingga kinerja Anda selalu diperhitungkan oleh atasan.

Nah, untuk mewujudkannya, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut agar Anda segera menjadi karyawan terbaik di kantor seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Selalu sambut pagi hari dengan senyuman

Apa untungnya? Satu senyuman di pagi hari akan membawa energi positif yang sangat berguna untuk memulai hari-hari di tempat kerja.

Meskipun kertas kerja menumpuk dan berbagai masalah muncul sesampainya di kantor, tapi Anda dapat bersikap bijak saat menghadapinya. Sehingga tidak ada istilah buru-buru dan ceroboh saat mengerjakan tugas.

Lemparkan senyuman kepada setiap orang yang ditemui, sehingga energi positif dalam diri Anda ikut terpancar ke dalam diri orang lain. 

2. Hargai waktu sekecil apa pun

Meskipun tugas hari ini telah selesai, Anda masih punya tugas lain untuk hari esok. Itu artinya tugas tidak akan pernah selesai selama Anda masih bekerja di kantor. 

Untuk itu, Anda harus mampu menghargai waktu sekecil apapun agar tugas dapat selesai tepat waktu. Gunakan waktu sebaik-baiknya.

Hindari aktivitas atau kegiatan yang tidak berguna, seperti menggosip. Jika ingin bergosip, sebaiknya lakukan saat jam pulang kantor tiba agar produktivitas kerja di kantor tidak terganggu.

3. Asah ‘skill’ untuk tingkatkan daya saing

Jangan terpaku pada spesialisasi kerja di kantor. Anda perlu mempelajari bidang lain dan mengasah skill (keterampilan) untuk meningkatkan daya saing di kantor. Ikuti pelatihan, seminar, atau workshop untuk meningkatkan nilai jual, sehingga atasan selalu mempertimbangkan posisi Anda di perusahaan.

Misalnya, jika Anda bekerja di bagian akuntan, sebaiknya asah skill di bidang audit juga. Pahami komponen penting yang ada dalam bidang audit, guna menilai kelayakan laporan keuangan yang Anda susun menjelang tutup buku.

4. Bekerja dengan sepenuh hati

Kunci kesuksesan adalah kegigihan. Sama seperti ketika Anda mengikuti sebuah kompetisi. Mustahil rasanya memperoleh piala dan medali kalau Anda melakukannya setengah-setengah alias tidak maksimal.

Tingkatkan motivasi agar Anda mau bekerja dengan sepenuh hati untuk memperoleh hasil maksimal. Atasan akan senantiasa melihat dan menilai kinerja Anda di kantor.

Meskipun bekerja itu melelahkan, tapi ada hasil yang bisa dicapai. Dengan demikian semangat tetap terpacu untuk menjadi karyawan terbaik di kantor.

5. Berani tampil beda di kantor

Perbedaan yang dimaksud bukan hanya dari segi kinerja, tapi juga keseharian di kantor. Jadilah karyawan yang disiplin, yang selalu mematuhi peraturan yang ada di kantor. Selain itu, ikuti kegiatan yang diselenggarakan di kantor untuk menambah wawasan, seperti rapat, seminar, dan lainnya.

Bila mengikuti rapat, usahakan memerhatikan jalannya rapat dan aktif berbicara. Jika ide-ide brilian muncul, sampaikan di dalam forum. Siapa tahu ide Anda diterima dan diaplikasikan di perusahaan.

6. Bentuk tim kerja yang solid

Karyawan dituntut bekerja sama dengan tim untuk menyelesaikan masalah tertentu. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang terbiasa bekerja secara individual.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa mencari rekan kerja yang memiliki visi dan misi sama untuk mendapatkan kinerja yang bersinergi. Kumpulkan orang-orang yang memiliki tujuan sama, lalu bentuk tim kerja yang solid.

Dalam kerja sama tim, sebaiknya hilangkan ego masing-masing untuk mendapatkan hal-hal besar demi kebaikan bersama.

7. Mau mengakui kesalahan dan mau terus belajar

Jangan malu mengakui kesalahan jika Anda benar-benar berbuat salah. Ingat, kesalahan adalah bagian dari proses belajar yang dapat membentuk diri menjadi lebih dewasa. 

Jauhkan sikap sombong yang dapat menghancurkan kemajuan karier, karena orang sombong sama sekali tidak terpakai di dunia kerja.

Jika ada sesuatu yang kurang jelas, jangan malu untuk bertanya. Harga diri Anda tidak akan jatuh atau merosot hanya karena satu atau dua pertanyaan.

8. Jaga konsistensi terhadap pekerjaan

Jenuh terhadap pekerjaan merupakan hal yang biasa di dunia kerja. Namun, jangan biarkan rasa jenuh mengurangi semangat kerja Anda di kantor. Kalau ini terjadi, maka potensi untuk diangkat menjadi karyawan terbaik akan hilang begitu saja.

Untuk mengatasi kejenuhan, Anda bisa refreshing sejenak saat akhir pekan tiba. Atau bisa juga dengan menarik nafas panjang agar pikiran lebih rileks, sehingga Anda dapat melanjutkan tugas sebagaimana mestinya.

Jangan lupa perhatikan sikap selama bekerja

Menjadi karyawan terbaik memberi banyak keuntungan. Selain disanjung atasan, Anda menjadi lebih disegani oleh rekan kerja.

Namun, hal ini jangan lantas membuat Anda sombong, ya? Jaga sikap selama bekerja untuk menciptakan harmonisasi di tempat kerja, dan meningkatkan peluang untuk menempuh karier yang bagus. (ren)