Tips Agar Tak Salah Pilih Influencer untuk Promosi Bisnis

Ilustrasi aktivitas di media sosial.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Promosi jadi hal wajib yang tak lagi bisa diabaikan dalam berbisnis. Ketatnya persaingan bisnis dan sulitnya membangun brand, menjadi dua alasan penting mengapa promosi harus gencar dilakukan.

Bagi Anda yang sedang merintis bisnis, melibatkan influencer dalam aktivitas promosi menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Jasa ini semakin banyak diminati, mengingat bujet yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan tersebut masih terbilang terjangkau.

Influencer adalah sosok-sosok yang kini dijadikan saluran pemasaran gaya baru
 
Meski begitu, penting bagi Anda untuk bekerja sama dengan influencer yang profesional, agar tujuan bisnis bisa tercapai dengan baik. Saat ini, ada banyak influencer yang bisa Anda temukan dengan mudah secara online, tentunya dengan tarif (fee) yang juga cukup beragam.

Pastikan Anda bisa menemukan influencer yang tepat dan sesuai dengan konsep bisnis yang Anda jalankan, sehingga kerja sama ini bisa meningkatkan angka penjualan produk Anda di pasaran. 

Lalu, bagaimana caranya? Simak, tips atau hal-hal yang harus diperhatikan bila ingin kerja sama dengan influencer, agar bisnis menguntungkan dan berkembang seperti dikutip Cermati.com.

1. Bagaimana kesesuaian ‘Influencer’ dengan bisnis Anda?
 
Kesesuaian karakter influencer dengan produk Anda tentu menjadi hal penting untuk dicermati. Hal ini akan memengaruhi keberhasilan tujuan kerja sama Anda dengan yang bersangkutan.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki produk kosmetik, sudah tentu Anda perlu bekerja sama dengan influencer yang memiliki karakter tepat dengan produk dan dapat mendukung angka penjualan produk Anda menjadi lebih maksimal.

Jangan sampai Anda menjual produk alat-alat olah raga khususnya sepak bola, tetapi Anda memilih influencer bidang kecantikan. Tentu saja, ini tidak sesuai dengan target pasar yang Anda sasar.

2. Seperti apa popularitas ‘influencer’?

Nah, yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam kerja sama dengan influencer adalah melihat poplaritasnya. Mengingat, tujuan Anda bekerja sama tentu untuk meningkatkan popularitas produk Anda, sudah tentu membutuhkan influencer yang populatiasnya tinggi pula. Jangan sampai Anda bekerja sama dengan influencer yang tidak dikenal banyak orang. 

3. Lihat bagaimana kualitas ‘feed’ dan konten yang digunakan

Respons followers terhadap produk Anda tentu akan dipengaruhi oleh feed dan konten yang dibagikan oleh influencer. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk membuat konten yang berkualitas baik dan benar-benar bisa mewakili produk Anda di mata para followers.

Selain itu, cermati juga tingkat antusiasme para pengikut tersebut dan pastikan bahwa influencer memang memiliki followers yang riil dan berpotensi menjadi konsumen bisnis Anda.

4. Bagaimana tingkah laku ‘influencer’?

Setiap influencer tentu akan memiliki tingkah laku masing-masing, baik itu yang buruk atau pun yang baik. Hal ini juga menjadi penting dipertimbangkan sejak awal, mengingat influencer akan jadi mitra dalam mengenalkan produk Anda ke pasaran.

Jangan sampai Anda bekerja sama dengan influencer yang tidak memiliki perilaku baik. Sebab, Anda akan kesulitan atau bahkan mengalami masalah ketika bekerja sama dengannya.

Setidaknya, influencer pilihan Anda harus memiliki beberapa kriteria berikut ini ramah, bisa diajak diskusi, respek terhadap produk, profesional, dan berbagai sikap baik lainnya. Jika semua hal tersebut terpenuhi dengan baik, Anda bisa bekerja sama dengan nyaman.

5. Apakah komunikasi baik dan ada kemungkinan kerja sama jangka panjang?

Komunikasi yang baik menjadi hal penting dalam urusan kerja sama. Pastikan Anda memilih influencer yang memang bisa menjalin komunikasi dengan baik dan lancar, sehingga berbagai urusan bisa diselesaikan dengan baik.

Bukan hanya itu, pertimbangkan juga kemungkinan untuk bekerja sama dalam jangka panjang, jika ternyata influencer pilihan Anda tersebut bisa memberikan hasil maksimal di dalam bisnis yang Anda jalankan.

6. Seperti apa caranya mengemas ‘review’?

Tujuan utama bekerja sama tentu untuk mencapai angka penjualan maksimal, sehingga Anda membutuhkan seorang influencer yang memiliki kemampuan baik untuk melakukan hal tersebut. Cara influencer dalam mengemas konten/review sangat memengaruhi tujuan tersebut dan maka pastikan inlfuencer pilihan Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan baik.

7. Seberapa besar tarif yang ditetapkan?

Kerja sama Anda dengan influencer akan membutuhkan sejumlah biaya, yang jumlahnya tergantung yang mereka tentukan. Pastikan Anda menemukan influencer yang menerapkan tarif wajar dan masuk akal.

Sehingga, bujet Anda mencukupi untuk menutupi kebutuhan ini. Diskusikan dengan baik tarif ini, agar Anda dan influencer sama-sama diuntungkan dengan kerja sama tersebut.

Pilih ‘influencer’ yang tepat dan profesional

Melibatkan influencer dalam promosi dan pemasaran produk sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Anda bisa mencari dan menemukan influencer ini dengan lebih mudah secara online. 

Pastikan Anda bekerja sama dengan influencer yang tepat dan profesional, sehingga tujuan pemasaran Anda bisa berjalan dengan maksimal. (asp)