Catat, Usai Pilpres Kementerian PUPR Buka Lowongan 1.000 CPNS 

Kementerian PUPR
Sumber :
  • Fikri Halim / VIVA.co.id

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR bakal membuka lowongan calon pegawai negeri sipil atau CPNS baru tahun ini. Setidaknya, ada kebutuhan pegawai sebanyak 1.000 yang akan dibuka usai Pilpres 2019.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR, Lolly Martina Martief mengatakan, kebutuhan itu berdasarkan data dari biro kepegawaian dan sesuai dengan rata-rata kebutuhan setiap tahun sebanyak 1.000 pegawai. 

"1.000 itu terbagi. Ada langsung dia berdasarkan jabatan fungsional, macam macam kan, ada yang jalan, ada yang bidang bangunan gedung, ada analisis pembiayaan," ujar Lolly di kantornya, Jakarta, Jumat 1 Maret 2019.

Lowongan CPNS itu dibuka untuk Direktorat Jenderal baru di Kementerian PUPR, yakni Ditjen Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan. "Sudah, tahun ini juga sudah dibuka (CPNS untuk Ditjen yang baru)," kata dia. 

Untuk pembentukan Direktorat Jenderal baru tersebut, ia mengatakan, pejabatnya sudah ditetapkan oleh Menteri PUPR. Tentunya, butuh pegawai baik dari Ditjen lain maupun dari luar. 

"Pejabatnya sudah dibentuk pak menteri, dirjen sudah, direktur sudah, kasubdit sudah, kepala seksi sudah. Nah, nanti staf stafnya kan dari berbagai unit organisasi lain di lingkungan kementerian PUPR harus sharing, misalnya dari BPSDM sharing, Bina Marga sharing," ujarnya. 

Pada Ditjen yang baru tersebut, lanjut Lolly, merupakan kumpulan dari semua direktorat. Sebab, pembiayaan dibutuhkan oleh seluruh sektor PUPR. Tambahan formasi rekrutmen CPNS baru ini, dikatakannya, tidak berubah atau tetap sebanyak 1.000 lowongan. 

"Saya kira, proporsinya tetap sama (dengan adanya Direktorat Jenderal baru), 1.000 (lowongan)," tutur dia. (asp)