Diputus AirAsia, Traveloka Tempuh Dialog

Traveloka
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Maskapai AirAsia resmi menarik seluruh penerbangannya dari agen perjalanan online, Traveloka. Hal itu didasari kekecewaan AirAsia karena tiket maskapai asal Malaysia ini secara misterius hilang di Traveloka untuk kedua kalinya dalam dua minggu terakhir.

Public Relation Director Traveloka, Sufintri Rahayu mengatakan, sebagai perusahaan teknologi di bidang travel dan lifestyle terbesar di Asia Tenggara, pihaknya sangat memprioritaskan kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh stakeholders termasuk para mitra.

"Untuk itu, Traveloka menyayangkan keputusan salah satu mitra maskapai kami, yaitu AirAsia, untuk menarik penjualan tiket di platform kami," ujarnya dikutip dalam keterangan resmi, Jakarta Senin 4 Maret 2019.

Sufintri mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya agar pelanggan dapat kembali menikmati pilihan maskapai yang selama ini tersedia. Upaya ini, imbuh dia, merupakan komitmen Traveloka dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan.

"Pada saat yang bersamaan, kami telah meminta waktu untuk berdialog dengan AirAsia sejak akhir pekan ini agar mendapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan, hilangnya penerbangan AirAsia di Traveloka mencederai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka.

"Pihak Traveloka seperti tidak menunjukkan itikad baik. Traveloka menolak memberikan penjelasan resmi meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali mencoba meminta klarifikasi," ujar Dendy hari ini di Jakarta.

Ia melanjutkan, peniadaan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka menunjukkan dengan jelas sikap diskriminatif dan berat sebelah. Kata Dendy, pihaknya telah mengamati pesan-pesan di media sosial yang disampaikan pelanggan tentang ketidaktersediaan tiket AirAsia.

Hal itu, justru direspons dengan rekomendasi dari Traveloka untuk memesan tiket maskapai lain. "Oleh karena itu, sebagai bentuk solidaritas, AirAsia secara grup menarik penjualan seluruh tiket AirAsia dari Traveloka efektif mulai saat ini," kata dia. (mus)