Jokowi Janji Jalan Tol dari Lampung Sampai Aceh Tersambung pada 2024

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer di Gerbang Tol Natar, Lampung, Jumat, 8 Maret 2019.
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer di Gerbang Tol Natar, Lampung, Jumat, 8 Maret 2019. Jokowi menyebut jalan tol itu adalah tol terpanjang yang pernah dia resmikan. 

"Hari ini akan kita resmikan ruas jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan, sepanjang 140 kilometer. Ini adalah babak pertama yang kita resmikan," katanya.

Untuk babak selanjutnya, pada Juni nanti jalan tol dari Bakauheni sampai Palembang tersambung. Bahkan, ia menjanjikan jalan tol trans-Sumatera bakal tersambung dari Bakauheni sampai Aceh pada tahun 2024.

"Ada yang bertanya, [karena] ini adalah bagian dari Lampung sampai ke Aceh, kapan kira-kira Lampung sampai ke Aceh ini sambung. Saya jawab, 2024 Lampung sampai aceh akan tersambungkan. Insya Allah akan tersambung," ujarnya.

Kepala Negara juga mengaku banyak yang bertanya kenapa pembangunan jalan tol begitu cepat dan ternyata karena kerja cepat semua pihak yang terlibat. Tol di Lampung, katanya, bisa dijadikan contoh pembangunan jalan serupa, yaitu pembebasan lahan yang sangat cepat. 

Di sisi lain, Jokowi pun mengaku berduka lantaran menerima informasi dari Gubernur Lampung bahwa ada salah satu aparatur sipil negara yang meninggal dunia. Mendiang adalah salah satu ketua tim pembangunan jalan tol. "... mungkin karena kecapean, atau mungkin juga karena stres dikejar target, sehingga beliau dipanggil oleh Allah SWT," ujarnya.

Presiden berterima kasih kepada seluruh aparatur negara yang turut berkontribusi dalam pembangunan jalan tol itu. "Pada kesempatan yang baik ini, kepada seluruh PNS, ASN di Lampung sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," ujarnya. (mus)