Bahas Serius Ethiopian Airlines, Luhut Tunggu Laporan Menhub

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Jefri Tarigan

VIVA – Kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines ET 302 yang jatuh pada Minggu 10 Maret 2019 kemarin, turut menjadi perbincangan di Tanah Air. Sebab, pesawat berjenis Boeing 737 Max 800 itu merupakan pesawat serupa milik Lion Air JT 610, yang jatuh di perairan Karawang pada Oktober 2018 lalu.

Saat ditanya mengenai hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan memastikan, pihaknya akan memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada hari Selasa 12 Maret 2019 besok guna membahas hal tersebut.

"Besok saya akan adakan pertemuan, tadi malam saya sudah berbicara juga dengan Menteri Perhubungan. Nanti kami dengar dulu beberapa laporan, baru akan kita tentukan bagaimana (tanggapan) pemerintah," kata Luhut di Jakarta, Senin 11 Maret 2019.

Dia memastikan bahwa pemerintah akan lebih dulu membahas dan mencerna semua masalah itu. Hingga nanti bagaimana sikap resmi pemerintah baru akan diambil terkait kejadian tersebut.

"Jadi saya belum berani berkomentar lebih jauh (terkait pesawat) Boeing 737 MAX 800 itu. Biar saja nanti setelah kita dengar (baru akan diputuskan)," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam tragedi yang menimpa pesawat Ethiopian Airlines ET 302 itu, seorang WNI bernama Harina Hafitz yang merupakan pekerja PBB untuk masalah pangan Dunia, turut menjadi korban di antara 149 penumpang dan delapan orang awak kabin lainnya.