Sofyan Djalil Harap MRT Ubah Pola Transportasi Masyarakat

MRT Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, berharap dengan terwujudnya moda transportasi massal atau MRT yang sudah beroperasi saat ini, maka akan mampu memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat secara khusus, dan bagi Indonesia pada umumnya.

Hal itu diutarakannya usai mencoba layanan MRT dari arah stasiun Lebak Bulus, menuju kawasan Bundaran HI pada Selasa sore tadi, 12 Maret 2019.

"Dengan kita punya MRT yang standar internasional ini, kita harapkan pertama adalah hal ini bisa mengurangi kemacetan di Jakarta dan masyarakat bisa pindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum seperti MRT ini," kata Sofyan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Kedua, Sofyan juga berharap bahwa moda transportasi MRT ini juga akan mampu mengubah sejumlah kultur masyarakat menuju ke arah yang lebih baik.

"Misalnya budaya antre dan budaya-budaya bagus lainnya, seperti budaya menjaga kebersihan. Semua itu diharapkan akan terbentuk juga," ujarnya.

Ketiga, lanjut Sofyan, sebagai negara atau kota dengan jumlah penduduk yang sangat besar, perekonomian Indonesia semakin hari cenderung semakin maju.

Sehingga, diperkirakan pada tahun 2030 perekonomian Indonesia akan mampu menjadi ekonomi keempat terbesar di dunia.

"Maka segala infrastruktur sangat dibutuhkan. Apalagi kota besar seperti Jakarta ini, yang pada tahun itu penduduk kita mungkin sudah berada di angka 20 juta jiwa. Maka infrastruktur seperti MRT ini jelas sangat dibutuhkan," ujarnya. (ase)

Lihat bagaimana rasanya naik MRT pertama kali pada video di bawah ini: