Cara Paling Mudah Raih Sukses Berbisnis atau Berkarier

Ilustrasi sukses berbisnis.
Sumber :

VIVA – Meraih kesuksesan adalah hak setiap orang yang ingin memilikinya. Namun demikian, pandangan akan sebuah kesuksesan antara satu orang dengan orang lain dapat dikatakan cukup relatif.

Artinya kesuksesan antara satu orang dengan orang lain berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mana seseorang melihatnya. Apakah kesuksesan dinilai dari materi, kedudukan atau justru apresiasi yang didapatkan dari orang lain.

Apapun itu persepsi Anda akan sebuah kesuksesan haruslah diikuti dengan menerapkan perencanaan yang baik, sehingga semua masalah yang muncul dapat ditangani secara baik dengan cara mengantisipasinya.

Lalu, bagaimana cara mudah meraih kesuksesan dalam berbisnis dan berkarier? Simak ulasan berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com, pada Selasa 26 Maret 2019: 

1. Tentukan tujuan atau cita-cita tapi tetap realistis

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk meraih kesuksesan adalah dengan menentukan goals atau tujuan/cita-cita yang mampu memotivasi diri untuk meraihnya, namun keinginan itu harus tetap realistis.

Tak heran bila banyak orang mengaku gagal meraih apa yang diinginkan lantaran memang kenyataannya apa yang dicita-citakan tidak relevan dengan apa yang dijalankan alias tidak realistis.

Oleh karena itu cobalah memecah rencana Anda ke dalam beberapa goals penting yang dapat Anda capai satu per satu. Sehingga semua mimpi bukan hanya sekadar keinginan semata.

2. Terapkan cara pencapaian yang cerdas (SMART-Goals)

Selanjutnya, agar kesuksesan Anda dengan mudah dapat dicapai, lakukan dengan cara yang cerdas. Cara ini dikenal dengan metode SMART-Goals. Ini adalah singkatan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time bound.

- Specific (Bersifat khusus)

Dalam menentukan goals atau tujuan, Anda harus menetapkannya secara spesifik. Sehingga saat mengimplementasikannya, Anda punya petunjuk yang cukup. Sebuah goals atau tujuan Anda dalam meraih kesuksesan ibarat sebuah lampu yang akan menerangi selama di perjalanan menuju sebuah tempat.

- Measurable (Terukur)

Sebuah tujuan yang hendak dicapai haruslah dapat diukur, sehingga Anda tak kesulitan saat hendak meraihnya. Salah satu contohnya, ingin membeli sebuah barang dan Anda harus mengumpulkan dana terlebih dahulu, maka sebutkanlah nominal yang hendak dicapai dan buatlah pengukuran dalam berapa hari, minggu atau bulan Anda bisa mendapatkan angka tersebut.

- Attainable (Dapat dicapai)

Poin selanjutnya saat Anda hendak membuat sebuah tujuan untuk mencapai kesuksesan adalah menentukan sebuah tujuan yang benar-benar dapat dicapai. Pisahkan pula poin mana yang memang memperlancar tujuan Anda dan mana yang justru menjadi penghambat Anda dalam meraih tujuan.

- Relevant (Sesuai)

Idealnya sebuah tujuan yang hendak Anda capai adalah tujuan yang sejalan dengan target karier yang hendak Anda capai. Sehingga suatu saat Anda akan mendapatkan keseimbangan antara kehidupan personal dengan kehidupan karier Anda.

- Time bound (Dibatasi waktu)

Menentukan rencana yang jelas juga harus dibatasi dengan waktu yang harus ditentukan. Tujuannya adalah untuk mengatur waktu seberapa lama Anda hendak mencapainya, sehingga waktu yang Anda miliki tak terbuang dengan sia-sia.

3. Catat ‘Goals’ di papan tempel pada tembok atau buku

Selain menerapkan SMART-Goals, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencatat goals Anda di sebuah tempat yang sering Anda jangkau. Pilihannya bisa pada noticeboard di meja kerja, atau papan tempel pada tembok, buku, dan tempat tempat yang sering Anda lihat. Sehingga Anda akan terus mengingat goals yang hendak Anda capai. 

Dengan mencatat goals selain mampu mengingat-ingat apa yang hendak dicapai, secara tidak langsung hal tersebut juga akan memotivasi saat kondisi psikologis kita sedang down.

4. Kerjakan tujuan kesuksesan Anda berdasarkan rencana

Sebuah tujuan tak akan terealisasi dengan baik jika tanpa diiringi rencana dan eksekusi yang konkret. Perlu diperhatikan pula saat Anda membuat sebuah rencana, prediksikan setiap masalah yang mungkin saja muncul di tengah jalan. Sehingga Anda tak akan kewalahan saat dihadapkan dengan masalah yang tiba-tiba muncul di tengah jalan. 

Rencana yang jelas diibaratkan seperti sebuah lampu yang akan menerangi jalanan ke mana Anda pergi. Oleh karenanya pastikan Anda telah memiliki tujuan sejelas-jelasnya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa merenungkan hal ini dan bertanya pada diri sendiri secara filosofis.
  
5. Tetaplah fokus dengan tujuan yang ingin dicapai

Tips selanjutnya agar tujuan Anda meraih kesuksesan dapat tercapai dengan mudah adalah tetap fokus pada apa yang hendak Anda capai pertama kali. Jika Anda mendapatkan hambatan di tengah jalan, carilah jalan keluar secepatnya.

Jangan biarkan masalah yang menimpa Anda justru berlarut-larut dan mengganggu Anda untuk lebih maju. Kegagalan yang Anda rasakan juga menjadi titik balik dari usaha Anda untuk meraih kesuksesan.

Orang yang saat ini Anda lihat sukses bahkan tak jarang mengalami kegagalan yang bisa jadi lebih parah dari yang Anda alami. (ren)