Bakal Buka di Bandung, IKEA Diminta Ridwan Kamil Jualan Produk Lokal

Groundbreaking IKEA di Bandung.
Sumber :
  • Adi Suparman/ VIVA.co.id

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambit baik pembangunan toko furnitur rumah tangga asal Swedia IKEA di Kota Baru Parahyangan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Ditargetkan, IKEA Bandung Barat dibuka akhir 2020.

Ridwan menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat masuk pada nilai 5,67 persen dan masuk dalam kategori bagus. Pihaknya berharap, IKEA bisa berkontribusi tidak hanya pada sektor bisnis kedaerahan, melainkan merangkul produk lokal Bandung menjadi item bisnis IKEA.

Dia pun menyebutkan, sebelum di Bandung Barat, pihaknya mempertimbangkan pembangunan IKEA di wilayah Gedebage dan jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung.

“IKEA datang dengan investasi Rp1,4 Triliun, 2019 Insya Allah akan lebih, karena proaktif terhadap bisnis,” ujar Ridwan disela groungbreaking IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Kamis 28 Maret 2019.

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan, pihaknya memastikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terbuka bagi perusahaan yang ingin memgembangkan usahanya ke Jawa Barat. Dengan syarat, produk lokal daerah Jawa Barat menjadi bagian pengembangan bisnisnya.

“Jadi, pesan kepada investor adalah gubernur sekarang sangat pro bisnis, kalau boleh budaya bambu Jawa Barat, tolong dijadikan bagian dari produk IKEA. Sehingga, kita menghasilkan kolaborasi yang baik,” katanya.

Pendirian IKEA di Bandung Barat, menurutnya, menjadi potensi mengangkat citra produk lokal dan membuka peluang untuk mendapat pelatihan. 

“Jadi, bagi saya IKEA tidak menjual bisnis saja, tapi suistanable bisnis nya ada, saya titip merangkul desa-desa miskin yang bisa dilatih. Sehingga, inilah sebuah contoh yang baik ada sosial responsibility kalau tipe perusahaan investasi banyak begitu saya pasti support, tidak datang di provit saja, tetapi membela masalah-masalah sosial juga,” terangnya.

Di tempat yang sama, Direktur PT. Hero Supermarket TBK pemilik waralaba IKEA Indonesia, Patrik Lindval menambahkan, keuntungan pertama dengan berdirinya IKEA di Bandung Barat yaitu membuka lapangan pekerjaan yang dikhususkan bagi warga sekitar.

“Untuk mendukung, kami akan buka peluang kerja sekitar 400 (orang), di mana kita harapkan dapat menampung tenaga kerja dari Bandung dan sekitarnya,” tambahnya. (asp)