Jalur LRT Jabodebek Cibubur-Cawang Tersambung

Direktur Utama PT Adhi Karya, Budi Harto, dalam konferensi pers tentang proyek LRT Jabodebek di kawasan Tol JORR, Jakarta, Jumat, 29 Maret 2019.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – PT Adhi Karya Tbk mengklaim berhasil menyelesaikan pembangunan struktur bentangan yang panjang atau long span di Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur.

Kedua long span adalah long span JORR dan long span Cililitan serta satu long span di Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, yaitu Iong span Cikoko. Total empat long span beres dan tersisa enam long span lagi.

"Ini adalah kebanggaan Adhi Karya. LRT ini bukan proyek biasa, bukan complicated juga. Ini juga merupakan inovasi dan ide Adhi Karya sehingga semua yang kita lakukan dengan lancar," kata Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto, di kawasan Tol JORR, Jakarta, Jumat, 29 Maret 2019.

Dengan selesainya pembangunan long span itu, secara struktur, proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang sepanjang 14,89 kilometer dari Cibubur hingga Cawang telah tersambung. "Ini merupakan hasil jerih payah siang malam, walaupun ada hambatan di Bekasi Timur dan Dukuh Atas," ujarnya.

Kegiatan long span closure atau pengecoran terakhir long span dilakukan oleh direksi Adhi Karya dan jajaran manajemen secara serentak dari ketiga titik. Ketiganya ialah di kawasan JORR, Cililitan, dan Cikoko.

Long span JORR melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh, dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Long span JORR sepanjang 54-90-54 meter, yang merupakan long span u-box girder terpanjang di dunia.

Long span Cililitan melintas di atas Tol Jagorawi sepanjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder. Lalu, long span Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan sepanjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.

Hingga saat ini, progres pekerjaan LRT Jabodebek per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen. Rincian progresnya yakni untuk Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur mencapai 79,69 persen, Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 47,95 persen, dan Lintas Pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur 53.84 persen.