Ciri-ciri Anda Termasuk Istri yang Cerdas Atur Keuangan Keluarga

Ilustrasi keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi pasangan yang sudah menikah, mengatur rumah tangga tentu menjadi hal penting yang tak boleh diabaikan. Ada banyak pekerjaan dan urusan rumah tangga yang perlu ditangani dengan benar, bahkan sejak awal pernikahan.

Untuk berbagai urusan ini, suami dan istri harus memiliki kerja sama yang baik. Namun terkait dengan keuangan, pada umumnya istri lah yang akan memegang porsi tanggung jawab yang paling besar.

Kemampuan mengatur keuangan dengan cerdas merupakan salah satu poin penting yang wajib dimiliki oleh seorang istri. Menjalankan keuangan rumah tangga memang tidak selalu semudah yang dibayangkan, sebab ada banyak hal yang harus dikelola sedemikian rupa, sehingga semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik.

Bukan hanya kebutuhan hari ini saja, namun berbagai kebutuhan untuk masa depan keluarga juga tentu tak kalah penting untuk diperhatikan. Dan istri harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur semua ini.

Kemampuan seorang istri dalam mengelola keuangan tentu akan memengaruhi tingkat kesejahteraan sebuah keluarga. Lalu, apakah Anda sudah menjadi istri cerdas soal keuangan? Ini tandanya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Anda bisa buat dan mengatur anggaran tetap bulanan?

Dalam sebuah rumah tangga, wajib memiliki anggaran tetap bulanan agar semua kebutuhan setiap anggota keluarga bisa terpenuhi dengan baik sepanjang bulan. Berapa pun jumlah penghasilan sang suami, istri harus bisa mengaturnya dalam anggaran yang ketat dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan.

Sehingga akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan secara keseluruhan, termasuk memenuhi berbagai kebutuhan lainnya di luar belanja bulanan rumah tangga seperti tabungan, investasi, dan lainnya.

Anggaran rumah tangga yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangan, di mana porsinya memang realistis dan tidak berlebihan (terlalu boros atau bahkan terlalu irit/pelit). Jika sudah melakukan ini, maka Anda memenuhi salah satu kriteria istri yang cerdas soal keuangan rumah tangga.

2. Anda mampu mengalokasikan dan memisahkan uang dengan tepat?

Bukan hanya jago mengatur anggaran saja, istri yang cerdas juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam memisahkan uang untuk setiap pos pengeluaran di dalam keuangan.

Setiap dana yang sudah disiapkan ini harus dipisahkan dan disimpan dengan sedemikian rupa, sehingga tidak tercampur-aduk dan terpakai untuk kebutuhan lainnya. Istri yang cerdas tentu tahu kapan harus mengalokasikan setiap uang yang dipegangnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan baik. 

3. Apakah Anda bisa menerapkan pola hidup hemat?

Istri yang cerdas juga tidak akan membelanjakan uang dengan semena-mena, terutama untuk berbagai hal yang tidak perlu. Menerapkan pola hidup hemat dan menjalankan keuangan dengan ketat merupakan salah satu langkah yang dapat membantu keuangan tetap stabil dan berjalan dengan lancar.

Hal ini bisa dilakukan dengan banyak hal seperti belanja bulanan dengan sekaligus dan tidak berulang-ulang. Sebab selalu pergi ke supermarket setiap ada yang dibeli untuk kebutuhan bulanan bisa menimbulkan pemborosan.

Kemudian, istri cerdas soal keuangan juga terbiasa menyiapkan bekal makan siang untuk suami dan anak-anak, membatasi makan di luar, bepergian dengan transportasi umum, dan lainnya. Pola hidup hemat ini juga bisa ditularkan pada suami dan anak-anak, sehingga pengeluaran rumah tangga bisa ditekan dengan ketat. 

4. Apakah Anda rutin menabung setiap bulannya?

Tabungan menjadi komponen penting dan wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga. Istri cerdas biasanya akan mengutamakan hal ini dan segera mengalokasikan sejumlah dana tetap ke dalam rekening tabungan setiap bulannya.

Selain itu, rutinitas menabung ini juga harus dibiasakan bagi anak-anak, sehingga mereka terbiasa memiliki simpanan uang sendiri di dalam tabungannya. Hal ini akan membuat mereka terbiasa hemat dan menabung dengan teratur hingga dewasa.

5. Apakah selalu tersedia dan memiliki dana darurat?

Dana darurat juga menjadi hal penting yang tidak akan dilupakan istri dalam keuangan. Hal ini bahkan semakin penting, jika sudah memiliki tanggungan atau anak.

Hitung dan alokasikan sejumlah dana darurat di dalam rekening khusus secara terpisah. Sehingga keuangan lebih kuat dan siap menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi di luar perkiraan. 

6. Apakah Anda melek investasi?

Melakukan kegiatan investasi di dalam keuangan menjadi salah satu cara untuk mengamankan keuangan di masa yang akan datang. Hal ini juga akan dilakukan oleh istri yang cerdas di dalam keuangan, bahkan meski dana yang dimiliki hanya terbatas.

Investasi ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai yang simpel hingga terbilang rumit. Ada banyak pilihan instrumen investasi seperti emas, deposito, saham, reksa dana, dan lainnya.

7. Apakah keluarga Anda memiliki asuransi?

Menggukanan asuransi merupakan salah satu cara termudah untuk mengelola biaya kesehatan dengan bijak. Sehingga setiap anggota keluarga wajib memiliki asuransi kesehatan ini.

Selain itu, asuransi jiwa juga biasanya menjadi pertimbangan yang tak kalah pentingnya, terutama untuk suami yang bertanggung jawab menjadi pencari nafkah utama di dalam rumah tangga. Lalu, apakah keluarga Anda sudah terlindungi dengan asuransi?

Keluarga harmonis dengan menjadi istri yang pandai atur keuangan

Istri yang cerdas bukan hanya yang bisa bekerja sebagai wanita kantoran dan menghasilkan sejumlah uang. Namun yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mampu mengelola keuangan rumah tangga dengan tepat.

Hal ini tentu harus dilakukan dengan cara memahami dan tahu cara mengelola keuangan dengan tepat. Sehingga berbagai kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi dengan sangat baik. Jika sudah begini, kesejahteraan keluarga tentu akan lebih terjamin, bukan?