Hai Wanita, Begini Tips Kelola Keuangan Agar Masa Depan Cerah

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Wanita identik sebagai pengatur keuangan yang baik, sebab wanita dianggap memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan dan menata segala sesuatu berkaitan dengan keuangan itu sendiri.

Namun pada kenyataannya, hal ini tentu tidak selalu benar. Wanita juga banyak yang tidak memiliki rencana keuangan yang jelas, termasuk anggaran keuangan yang tepat, dan tidak selalu bisa menjalankan keuangan dengan baik.

Berbagai kesalahan dalam mengambil keputusan keuangan selalu sangat mungkin terjadi, bahkan oleh seorang wanita sekalipun. Lalu, bagaimana dengan Anda sendiri?

Susah-susah gampang urusan keuangan

Mengelola keuangan memang tidak selalu semudah merencanakannya, apalagi jika Anda termasuk wanita yang punya hobi belanja. Membeli berbagai barang yang Anda inginkan, melakukan hal-hal yang menyenangkan atau bahkan travelling bisa saja menjadi penyebab gagalnya anggaran keuangan.

Kondisi seperti ini tentu wajib dihindari, apalagi jika Anda memiliki beragam prioritas di dalam keuangan. Sangat penting untuk selalu mengambil keputusan keuangan yang tepat, sehingga berbagai rencana dan tujuan keuangan Anda bisa tercapai dengan baik.

Bukan hanya untuk saat ini saja, namun berbagai keputusan keuangan yang Anda lakukan sekarang akan memberi dampak besar bagi masa depan Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu membuat keputusan keuangan yang tepat, meski urusan keuangan itu bisa dibilang susah-susah gampang.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa keputusan keuangan yang penting untuk dilakukan kaum wanita dan bisa membuat masa depan lebih cerah lagi.

1. Tentukan dan tuliskan tujuan keuangan Anda

Apa tujuan keuangan Anda dan bagaimana akan mencapainya tahun ini? Kedua hal ini menjadi poin penting yang wajib dimiliki di dalam keuangan, sehingga Anda bisa mengarahkan keuangan ke titik (tujuan) tersebut.

Setiap orang harus memiliki tujuan keuangan, baik itu tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek. Tidak harus selalu tentang investasi dan menabung saja, sesekali Anda juga bisa menempatkan sesuatu yang menyenangkan sebagai tujuan kesekian di dalam keuangan Anda, misalnya travelling ke luar negeri, bulan madu, belanja akhir tahun, dan lainnya. 

2. Susun anggaran dan catat semua pengeluaran

Jangan pernah melupakan anggaran keuangan, bahkan meski Anda hanya bisa membuatnya dalam ukuran yang sederhana sana. Anggaran akan membantu Anda mengelola keuangan dengan ketat, termasuk mengalokasikan setiap sen uang Anda dengan tepat sasaran. 

Susunlah anggaran yang tepat dan sesuai kebutuhan serta kondisi keuangan, agar Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran dan melakukan evaluasi secara berkala. 

3. Selalu utamakan menabung

Jangan pernah mengabaikan hal satu ini, meskipun menabung tidak segera membuat Anda kaya dalam sekejap. Selalu alokasikan sejumlah dana dari penghasilan tetap Anda ke dalam pos tabungan, sehingga Anda memiliki sejumlah simpanan dana yang bisa digunakan untuk membantu Anda mencapai tujuan-tujuan di dalam keuangan.

Pastikan Anda menentukan jumlah tabungan ini sejak awal, dan selalu memaksakan diri untuk mematuhi dan mengelokasikan dana tersebut secara rutin setiap kali gajian.

4. Lihat jumlahnya, agar makin semangat menabung

Jangan menabung dengan kesal atau bahkan terpaksa, sebab hal ini akan membuat Anda tidak bahagia. Sesekali cobalah lihat kembali saldo tabungan Anda dan nikmati bagaimana Anda telah bekerja keras untuk mengumpulkan uang tersebut.

Jumlah tabungan yang makin lama semakin banyak, secara otomatis akan membuat Anda semakin semangat untuk menabung dan menabung lagi. Sehingga menabung akan menjadi sesuatu yang lebih mudah dan menyenangkan untuk Anda lakukan.

5. Belajar dan melakukan investasi

Melakukan investasi di dalam keuangan juga menjadi hal penting yang perlu dilakukan oleh wanita, sebab aktifitas ini akan membantu mengamankan keuangan di masa yang akan datang.

Namun sebelumnya, Anda perlu belajar mengenai investasi terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk memulai aktifitas keuangan yang satu ini. Hal ini penting, agar Anda bisa mengelola investasi tersebut dengan baik dan mengatasi beragam risiko di dalamnya dengan langkah yang tepat.

6. Berinvestasi pada instrumen yang tepat

Mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat melalui investasi tentu akan sangat menarik, namun hal ini juga sangat berisiko. Pastikan Anda hanya berinvestasi pada instrumen yang tepat dan Anda pahami dengan sangat baik, sehingga investasi tersebut bisa Anda kelola dengan baik dan memberikan keuntungan di dalam keuangan Anda. 

7. Mintalah bantuan pada yang berpengalaman dan terpercaya

Keuangan tidak akan selalu berjalan mulus dan tenang, sebab selalu ada kemungkinan masalah dan krisis muncul tanpa diduga. Jika hal ini terjadi, maka pastikan Anda hanya  meminta bantuan kepada orang yang berpengalaman dan bisa Anda percaya.

Jika perlu, menghubungi penasihat keuangan adalah langkah yang tepat. Atasi masalah keuangan dengan segera, agar kondisi keuangan Anda tidak semakin memburuk.

Keputusan keuangan dengan pertimbangan yang bijak

Mengambil keputusan di dalam keuangan selalu menjadi hal yang penting bagi setiap orang, termasuk Anda para wanita. Pastikan Anda selalu mempertimbangkan dan memikirkan dengan matang setiap keputusan keuangan Anda, sehingga Anda bisa mengambil keputusan yang tepat dengan pertimbangan yang bijak.