Nominal Tabungan Pelajar Hingga 2018 Capai Rp6,64 Triliun

SimPel Day.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arrijal Rachman

VIVA – Pemerintah terus memperkenalkan layanan jasa keuangan sejak dini kepada masyarakat. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Perekonomian hingga perbankan, menggelar Simpanan Pelajar (SimPel) Day 2019.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara menekankan, Program SimPel yang telah diinisasi oleh OJK bersama industri perbankan sejak 14 Juni 2015, terus mendapat respons yang positif oleh pelajar Indonesia, begitu juga oleh industri perbankan itu sendiri.

"Hari ini bertepatan dengan hari pendidikan nasional kami selenggarakan SimPel day dihadiri 1.500 pelajar dari perwakilan sekolah wilayah Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan di berbagai daerah," kata dia saat membuka acara SimPel Day di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis 2 Mei 2019.

Dikatakanya, hingga akhir 2018, jumlah bank peserta SimPel telah mencapai 304 bank, terdiri dari 20 bank umum konvensional, 11 bank umum syariah, 24 bank pembangunan daerah dan 249 BPR maupun BPRS.

Sementara itu, dari jumlah sekolah, sudah mencapai 326 ribu sekolah yang kerja sama untuk senggelarakan SimPel. Adapun jumlah rekening telah tercatat 17 juta rekening dengan nominal Rp6,64 triliun. 

"Jumlah yang menurut hemat kami cukup signifikan. Upaya penanaman budaya menabung sejak dini bagi pelajar tentu memerlukan dukungan dari berbagai pihak selain kementerian terkait, juga dari industri perbankan, Ini penting," tegas dia.

Bahkan, untuk tahun ini, dari target pembuataan rekening SimPel sebanyak 100 ribu, hingga Februari sampai April 2019 dikatakannya pembukaan rekening telah mencapai 320 ribu rekening dengan nominal mencapai Rp38 miliar.

Adapun lima besar bank yang berkontribusi dalam pembukaan rekening SimPel tersebut yakni BRI 241 ribu rekening, BTN 18,9 ribu rekening, Bank Syariah Bukopin 12,3 ribu rekening, BNI 10,1 ribu rekening, dan terakhir Bank Mandiri 8,9 ribu rekening. (ren)