Rabobank Berhenti Beroperasi di RI, OJK Pastikan Dana Nasabah Aman

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Otoritas Jasa Keuangan mengaku telah mengetahui perihal keputusan PT Rabobank International Indonesia atau Rabobank mengakhiri operasinya di Indonesia mulai April 2019. Keputusan penghentian operasi tersebut dianggap sebagai keputusan yang didasari alasan bisnis.

Meski mengaku telah mengetahui keputusan itu, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, belum mau menjawab secara rinci dan tegas apakah surat permohonan izin penutupan kantor Rabobank telah diterima atau belum.

"ini merupakan keputusan dari korporasi. Ya kita hargai kalau memang ternyata mempunyai alasan-alasan yang menurut bisnis. Ini (mungkin) lebih menguntungkan mereka kalau tidak beroperasi lagi di Indonesia," katanya ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 2 May 2019.

Namun begitu, Wimboh menegaskan, OJK akan tetap memastikan bahwa penutupan Rabobank akan melalui proses-proses yang telah ditentukan. Khususnya, terkait bagaimana Rabobank menjamin kepentingan-kepentingan atau dana nasabahnya yang disimpan dapat terjaga.

"Kami hargai keputusan itu. Tapi, ini tentunya harus ada proses yang harus di ikuti, terutama kita concern bagaimana kepentingan masyarakat, nasabah, ini jangan sampai terganggu. Kita yakini, kita jamin, tidak akan terganggu," tegas Wimboh.

Wimboh menjelaskan, untuk menjamin hal itu maka Rabobank bisa memberikan pilihan bagi nasabahnya untuk mengalihkan rekeningnya ke perbankan lain. Itu semua tergantung kemampuan Rabobank menjalin kerja sama pengalihan rekening nasabahnya dengan perbankan lain.

"Tapi juga tinggal nanti kerja samanya Rabobank dengan bank lain, bank mana yang bisa lakukan itu. Ya ini belum sampai ke situ, ini hanya beberapa opsi-opsi yang harus disiapkan," tuturnya dia.

"Di samping itu kita juga belum tahu detailnya, kewajiban-kewajiban apa yang lain selain kepada nasabah yang harus di selesaikan. Banyak hal yang harus kita bicarakan teknis lebih detail antara Rabobank dengan kita sebagai otoritas pengawas bank," tambahnya. (ren)