Gaji Pas-pasan Ingin Kredit Mobil, Perhatikan 5 Hal

Dealer mobil bekas Dynamic di WTC Mangga Dua
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yasin Fadillah

VIVA – Punya mobil pribadi merupakan impian banyak orang. Seiring dengan berlalunya waktu, hal ini bahkan bisa saja berubah menjadi kebutuhan.

Aktivitas yang tinggi dan berbagai hal lainnya sangat mungkin membuat Anda membutuhkan sebuah mobil sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Saat ini, ada banyak mobil yang bisa Anda temukan dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Sehingga keinginan untuk membeli mobil tentu bukanlah sebuah hal yang tidak mungkin. Namun apakah kondisi keuangan Anda sudah memadai untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini?

Jika Anda hanya memiliki gaji sebesar standar Upah Minimum Provinsi (UMP) saja, maka Anda mungkin sedikit ragu untuk membawa pulang sebuah mobil ke rumah. Hal ini bahkan terasa semakin sulit, jika Anda hanya tidak memiliki sejumlah tabungan yang cukup besar untuk membelinya secara tunai.

Namun jangan khawatir, saat ini ada banyak diler mobil yang menyediakan pembelian dengan cara kredit, di mana Anda bisa mencicil mobil impian Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Sebagaimana pembelian kredit lainnya, pastikan Anda melakukan pembelian mobil ini dengan perencanaan dan perhitungan yang tepat. Hal ini penting, untuk menghindari berbagai masalah keuangan di masa yang akan datang.

Guna mewujudkan impian Anda untuk membeli mobil meski gaji pas-pasan, simak ulasan berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih jenis mobil yang sesuai dengan keuangan

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah menentukan jenis mobil yang akan Anda beli. Pastikan Anda memilih mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga kendaraan ini kelak bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi Anda.

Selain itu, menyesuaikan harga mobil ini dengan kondisi keuangan Anda adalah hal yang tak kalah pentingnya. Anda mungkin menginginkan mobil yang mewah, namun Anda tetap harus realistis dan memilih mobil yang harganya sesuai dengan kondisi keuangan Anda, bukan? 

2. Lakukan simulasi kredit dengan gaji yang dimiliki

Jika Anda sudah menemukan dan memilih jenis mobil yang tepat, maka Anda harus melakukan simulasi kredit untuk pembelian mobil tersebut. Simulasi kredit akan membantu Anda melihat komponen pembayaran yang harus Anda lakukan dalam pembelian mobil Anda, seperti: uang muka, jumlah cicilan, bunga kredit, tenor, dan yang lainnya.

Simulasi kredit juga akan membantu Anda memilih masa cicilan yang paling tepat, termasuk jumlah cicilan yang paling sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Hindari untuk memaksakan diri mengambil cicilan yang besar dengan tenor yang pendek, sebab hal ini berisiko menimbulkan masalah di dalam keuangan.

Pastikan jumlah cicilan Anda tidak lebih dari 30 persen penghasilan bulanan Anda, sehingga berbagai kebutuhan lainnya bisa terpenuhi dengan baik. Sebaiknya, miliki sejumlah tabungan yang mencukupi untuk antisipasi keadaan darurat.

3. Siapkan uang muka dan sesuaikan masa kredit

Pastikan Anda memilih masa kredit yang tepat, di mana besaran cicilan Anda tidak terlalu tinggi dan membebani keuangan. Hindari juga cicilan yang terlalu kecil, sebab hal ini akan membuat masa kredit Anda terlalu panjang.

Jika Anda sudah menemukan jumlah cicilan dan masa kredit yang tepat, maka Anda tentu sudah bisa melihat besaran uang muka mobil Anda. Mulailah menyiapkan uang muka ini dengan cara mengalokasikan sejumlah dana dari gaji bulanan Anda, misalnya 20-25% dari gaji Anda setiap bulan.

Semakin besar uang muka yang Anda bayarkan, maka akan semakin ringan juga cicilan Anda. Semakin banyak Anda menabung, maka akan semakin cepat juga mobil Anda tiba di rumah.

4. Lakukan penghematan

Agar uang muka mobil Anda segera terpenuhi, maka mulailah melakukan penghematan di dalam keuangan Anda. Anda bisa memangkas berbagai pengeluaran yang tidak penting di dalam keuangan Anda.
Alokasikanlah lebih banyak uang ke dalam pos tabungan, sehingga dana yang terkumpul semakin banyak. 

Anda juga bisa memangkas pengeluaran Anda dengan beberapa langkah cerdas, seperti: membawa bekal makan siang dari rumah, mengurangi kongkow dan ngopi di kafe, dan sebagainya.

5. Cari penghasilan tambahan

Agar uang muka mobil bisa segera terpenuhi, Anda juga bisa mencari penghasilan tambahan di luar gaji bulanan. Anda bisa memilih pekerjaan tertentu yang sesuai dengan minat dan kemampuan, di mana Anda bisa mendapatkan sejumlah uang dari aktivitas tersebut.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya bekerja di tempat lain pada hari libur (Sabtu-Minggu), menjadi freelancer, dan lainnya. Pastikan pekerjaan sampingan ini tidak menganggu pekerjaan utama Anda.

Rencanakan dan siapkan dananya dengan tepat

Bagi Anda yang ingin membeli mobil dalam setahun dan hanya memiliki gaji Rp3 jutaan saja, Anda perlu merencanakan hal ini dengan sangat teliti. Pastikan menghitung dan merencanakan pembelian mobil Anda dengan tepat, sehingga Anda juga bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk menyiapkan dana yang tepat, agar mobil impian Anda bisa segera dibawa pulang dan dipakai dengan nyaman.