Cuma Lulusan SMA? Tenang, 8 Karier Ini Bisa Bikin Kamu Sukses

Cuma Lulusan SMA? Tenang, 8 Karier Ini Bisa Bikin Kamu Sukses. (FOTO: Unsplash/Stefan)
Sumber :
  • wartaekonomi

Bagi Anda lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, yang memiliki cita-cita tertentu, melanjutkan ke jenjang perkuliahan bisa jadi pilihan terbaik. Namun, bagi Anda yang ingin segera mencari penghasilan pun tidak masalah.

Masalahnya adalah seringkali para lulusan SMA kurang percaya diri akan kemampuan mereka atau bahkan bingung menentukan jenis pekerjaan yang akan mereka lamar. Sebelum Anda makin cemas akan masa depan, berikut ini delapan rekomendasi jenis pekerjaan yang bisa dilirik oleh alumnus SMA menurut Line Jobs.

1. Customer Service

Sebenarnya tidak hanya lulusan SMA, banyak lulusan akademi atau perguruan tinggi yang juga melamar sebagai customer service. Profesi ini bertugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat. Seorang customer service harus tahan menghadapi berbagai keluhan pelanggan dan mesti mampu menjelaskan penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan hingga mereka mengerti.

Selain itu, customer service biasanya menjalankan tugasnya sebagai penerima tamu dan komunikator serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

2. Sales Marketing

Banyak orang yang beranggapan bahwa profesi sales marketing adalah pekerjaan yang cukup berat dijalankan dengan gaji yang tidak menentu karena bergantung pada target yang dicapai. Pendapat demikian tidak sepenuhnya salah, tapi, jika Anda pandai berkomunikasi dan berbakat memengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk, sales marketing tentu pilihan yang menarik.

Biasanya seorang sales marketing berpeluang mendapatkan komisi penjualan yang tidak terbatas. Anda hanya perlu memahami seluk-beluk produk yang dijual serta pintar membujuk calon pembeli. Bayangkan, jika Anda menjadi sales properti atau otomotif, mendapat keuntungan sebanyak 1% saja dari setiap produk yang berhasil dijual, sangat lumayan bukan?

3. Operator Produksi

Jika Anda adalah lulusan SMA, Anda bisa bekerja sebagai operator produksi di berbagai bidang industri yang luas. Anda bisa bekerja di pabrik pembuatan komponen otomotif, makanan, farmasi, semen, pupuk, kayu, dan lain-lain.

Meski banyak tenaga manusia yang kini sudah digantikan dengan mesin-mesin canggih, tapi hampir semua pabrik masih membutuhkan tenaga manusia. Pekerjaan ini biasanya membutuhkan seseorang yang cekatan, teliti, dan tekun. Sebagai operator produksi, Anda dituntut untuk tidak mudah bosan karena setiap hari Anda akan mengerjakan hal-hal itu saja.

4. Tenaga Data Entry

Pekerjaan selanjutnya yang cocok untuk lulusan SMA adalah tenaga data entry. Banyak perusahaan yang masih spesifik membutuhkan profesi ini untuk mengurus berbagai data yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang memiliki ketelitian tinggi.

5. Anak Buah Kapal (ABK)

Kebanyakan anak buah kapal (ABK) adalah lulusan SMA yang kemudian mengikuti pelatihan kerja sebagai ABK. Berbagai posisi ditawarkan untuk bekerja di atas kapal, dari mulai koki, waiter, teknisi, dan tenaga kebersihan.

Pekerjaan ini bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan, tapi gaji yang akan didapat lumayan tinggi, mengingat kapal pesiar yang mempekerjakan ABK lingkupnya luar negeri. Belum lagi, Anda juga akan mendapat tunjangan-tunjangan lain di luar gaji pokok. Tidak heran, mereka yang bekerja sebagai ABK dapat memiliki harta yang tergolong mewah sepulangnya ke Tanah Air.

6. Pilot dan Pramugari

Ini dia pekerjaan keren yang banyak disalahpahami banyak orang. Anda tidak perlu lulus kuliah untuk memeroleh lisensi menjalankan kereta, menerbangkan pesawat atau menjadi seorang pramugari. Anda hanya perlu menjalani pelatihan di sekolah-sekolah yang ditentukan perusahaan jika lamaran Anda sudah diterima. Jika sudah lulus menjadi pilot atau pramugari, semakin tinggi jam terbang Anda, maka gaji juga akan semakin tinggi.

Khusus pilot dan pramugari, mereka diharuskan mampu berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan serta memahami aturan penerbangan dengan baik.

7. Petugas Instalasi Listrik

Penggunaan listrik yang semakin meningkat di masyarakat membuat semakin banyak pula kabel yang perlu dipasang dan diperbaiki. Petugas instalasi listrik menjadi pilihan yang menarik bagi lulusan SMA, terlebih bagi mereka yang lulus dari bidang elektronika.

Pekerjaan ini lebih cocok dilakukan oleh laki-laki karena sifat pekerjaannya yang membutuhkan keterampilan fisik dan berisiko tinggi. Nah, karena risikonya yang tinggi, biasanya sebelum terjun ke lapangan, Anda akan diberikan pelatihan kerja. Walaupun memakan waktu yang relatif lama, semua akan terbayar dengan gaji tinggi yang ditawarkan kemudian.

8. Pengusaha

Pengusaha dapat menjadi pilihan karier yang menarik jika Anda merasa mempunyai bakat untuk berbisnis. Anda tidak perlu lulus kuliah untuk menjadi pengusaha. Bahkan seorang lulusan SMP pun bisa sukses menjalankan usahanya asal giat, sabar, dan tidak mudah menyerah.

Menjadi pengusaha, tentu Anda akan lebih banyak menghadapi tantangan. Tetapi, itu semua akan sebanding dengan hasil yang didapat ketika bisnis Anda berkembang dengan baik. Selain itu, menjadi pengusaha berarti Anda tidak harus terikat aturan seperti seorang pekerja karena Anda adalah bosnya. Asik bukan?