Gelar Hackathon, Bank Mandiri Buru Inovator Teknologi Perbankan

Gedung Bank Mandiri
Sumber :
  • www.mandiri-capital.co.id

VIVA – Bank Mandiri akan menggelar kompetisi nasional hackathon pada 27-30 Juni 2019 dengan tajuk “What the Hack!” atau WTH. Kompetisi itu akan mengadu ide-ide inovatif para mahasiswa dan profesional berpengalaman dalam ranah digital, agar dapat memodernisasi sektor perbankan Indonesia.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans mengatakan, penyelenggaraan Mandiri Hackathon merupakan salah satu cara Bank Mandiri dalam mengembangkan teknologi perbankan yang tepat dan sesuai kebutuhan.

“Kami menyadari bahwa pengadopsian teknologi perbankan yang tepat dan sesuai kebutuhan sangat penting, karena terdapat perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang serba mobile dan digital,” kata Rico dalam keterangan tertulisnya, Senin 13 Mei 2019.

Rico menjelaskan, sesuai dengan nama hackathon yang diusung, Bank Mandiri ingin menyatukan game changers yang memberikan ide-ide kreatif dan sesuai kebutuhan perbankan bagi masyarakat yang digital-savvy.

Para peserta kompetisi itu, lanjut Rico, nantinya akan bekerjasama untuk mendesain prototipe aplikasi mobile, yang dapat menjawab kebutuhan perbankan seperti pembayaran, pembukaan rekening, dan peminjaman menggunakan API Bank Mandiri.

"Mereka akan terbagi ke dalam 50 tim beranggotakan tiga orang, di mana masing-masing anggota memegang tanggung jawab sebagai Developer, Scrum Master, dan Designer," ujarnya.

Diketahui, dalam kompetisi ini, setiap tim berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan langsung dan memperluas jaringan dengan pakar-pakar terbaik industri teknologi.

Nantinya, mereka juga akan mempresentasikan solusi unik dan kreatif mereka, ke jajaran petinggi Bank Mandiri untuk memperebutkan hadiah dengan total nilai sebesar Rp100 juta. 

Selain itu, tim yang memiliki ide terbaik juga berkesempatan untuk mengembangkan produk ciptaan mereka dan berkarir bersama Bank Mandiri.

Pendaftaran acara ini dibuka selama 30 hari, dimulai dari tanggal 1 Mei-2 Juni 2019. Setelah itu, Bank Mandiri akan menyeleksi aplikasi yang masuk untuk mendapatkan 150 kandidat terpilih, yang akan mengikuti rangkaian acara di Jakarta pada 27-30 Juni 2019 mendatang.