Jokowi Kumpulkan Tim Ekonomi, Ini Fokus yang Dibahas

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo mengumpulkan tim ekonominya Selasa siang. Yakni Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Darmin mengaku, pertemuan dengan Presiden Jokowi adalah agenda tertutup dan hanya berdiskusi. Terutama mengenai situasi ekonomi dunia yang dinamis saat ini. Lalu kondisi ekonomi Indonesia sendiri dalam menghadapi itu.

"Termasuk itu juga (perang dagang) ada, artinya tidak dalam juga dibicarakan. Mencoba melihat situasi ekonomi sekarang ini," jelas Darmin, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 14 Mei 2019. 

Di tengah kondisi itu, maka kata Darmin, investasi sangat dibutuhkan. Pemerintah mulai mendorong lebih banyak investasi. Terutama di sektor seperti industri hingga pariwisata.

Mendorong daerah-daerah baru, yang memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata hingga agrobisnis.

"Artinya mengantisipasi pelemahan ekonomi dunia kita ingin ekonomi kita itu tetap relatif baik, kalau bisa malah sedikit lebih baik dari tahun-tahun yang lalu. Kira-kira garis besarnya itu," ujar Darmin.

Memang saat ini, dunia sedang mengalami revolusi industri 4.0. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian, juga sudah mengantisipasi itu. Hanya menurut Darmin, untuk kepentingan nasional harus ada langkah konkrit. Karena kalau hanya berbicara revolusi industri 4.0, lebih abstrak untuk kepentingan nasional.

"Kita harus berusaha lebih konkret industrinya apa saja, berapa, sudah harus mulai spesifik," lanjut Darmin. (jhd)