Tujuh Hal yang Tak Boleh Terlewat agar Lebaran Menyenangkan

Pemudik menggunakan sepeda motor melintasi jalur selatan Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

VIVA – Rasanya waktu semakin cepat berputar. Kurang dari beberapa pekan lagi, Hari Raya Idul Fitri pun akan tiba. Sudah seberapa jauh persiapan Anda menyambut bulan penuh kemenangan ini?

Mencicil segala keperluan menjelang Lebaran menjadi suatu hal yang wajib agar saat waktunya tiba, Anda tidak perlu kucar-kacir lagi mengurusi ini dan itu, yang seharusnya memang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari.

Bukan hanya sikap, niat baik, dan kesehatan fisik saja yang perlu dipersiapkan. Nyatanya, masih banyak persiapan lain yang tidak boleh sampai terlewatkan agar hikmah Idul Fitri semakin bertambah.

Lalu, kira-kira apa saja yang perlu disiapkan? Biar dalam merayakan hari bahagia ini, berikut tujuh persiapan Lebaran yang tidak boleh dilewatkan seperti dikutip dari Cermati.com, pada Minggu 19 Mei 2019:

1. Mulailah menabung!

Menabung menjadi hal yang perlu dipersiapkan sejak hari pertama Ramadan, apalagi kalau Anda ingin memakai pakaian serba baru. Biaya yang dibutuhkan tentu saja tidak murah. Agar uang mencukupi, segera menabung dari sekarang.

Jika tabungan tersisa, Anda bisa menggunakannya untuk bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) kepada sanak saudara. Hitung-hitung bagi-bagi rezeki dan kebahagiaan kepada orang-orang tercinta.

2. Rencanakan mudik

Bagi yang merantau, mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman seolah sudah menjadi keharusan. Sebaiknya rencanakan mudik dari jauh hari. Bukan tanpa alasan, biaya transportasi menjelang Lebaran biasanya melonjak dua kali lipat, terutama tiket pesawat. 

Jika Anda tidak ingin kehabisan tiket, sebaiknya pesan (booking) tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Sehingga rencana mudik pun bisa lancar.

3. Penuhi isi kulkas dengan bahan makanan berkualitas

Hari raya identik dengan makanan. Mulai dari opor ayam, ketupat, hingga kue Lebaran pun tersaji indah di atas meja. Bagi yang ingin memasak, sebaiknya mulai mencicil bahan makanan yang dibutuhkan sebelum Lebaran tiba. Terutama jika masakannya ditujukan untuk keluarga besar, pasti menunya beragam.

Mulailah dengan membeli bahan makanan yang tidak cepat busuk atau basi, seperti bumbu masak. Pada saat H-1 Lebaran tiba, Anda bisa mencicil bahan utamanya, seperti daging, tomat, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak kebingungan kekurangan berbagai kebutuhan bahan makanan saat Lebaran tiba.

4. Bersihkan rumah dan segala isinya

Mengingat keluarga besar akan berkunjung ke rumah, pastikan rumah dalam keadaan bersih. Bersihkan rumah satu atau dua hari sebelum keluarga tiba, sehingga keluarga besar bisa tinggal dengan nyaman dan tenang di rumah.

Untuk rumah yang berukuran besar, membersihkan rumah tentu menjadi pekerjaan rumah yang lumayan menguras tenaga. Agar tidak terlalu capek, bersihkan rumah secara bertahap.

Mulailah dari bagian yang tersembunyi, seperti lorong atau jendela. Setelah itu, beralihlah membersihkan ruang tamu.

5. Ubah tata letak atau konsep rumah

Agar tampilan rumah tidak membosankan, jangan ragu untuk mengubah tata letak atau konsep rumah. Tidak perlu dicat ulang atau membeli furnitur baru, yang dibutuhkan hanyalah mengatur ulang isi perabotan yang sudah ada agar isi rumah kelihatan lebih fresh.

Cari referensi konsep rumah di internet atau media sosial. Lalu, terapkan pada rumah kesayangan Anda. Sebaiknya jangan terlalu mepet. Jika ternyata konsepnya tidak cocok, Anda masih punya waktu untuk mengubahnya.

6. Siapkan perlengkapan salat bagi keluarga

Hal kecil yang sering terlupakan adalah perlengkapan salat. Berhubung karena Anda menjadi tuan rumah pada hari raya tahun ini, ada baiknya jika Anda menyiapkan perlengkapan salat bagi keluarga besar.

Apabila salah satu anggota keluarga lupa membawa perlengkapan pribadinya, Anda bisa meminjamkannya sehingga salat tarawih berjalan lancar. Tentunya, Anda tidak perlu menyiapkan satu lusin perlengkapan salat.

7. Perbanyak berbagi pada sesama

Selain membayar zakat fitrah, apa salahnya jika Anda juga berbagi kepada sanak saudara yang membutuhkan. Berbagi ke sesama tidak akan menguras harta Anda, melainkan menambah berkat dan rezeki yang datangnya dari Allah SWT.

Biarkan sanak saudara atau orang-orang yang tidak dikenal juga ikut merasakan kebahagiaan Lebaran ini. Jumlah yang diberikan tidak harus besar, yang penting Anda memberikannya dengan tulus ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun dalam jangka panjang.