Besaran Diskon Tarif Tol Mudik 2019 Diumumkan 22 Mei

Gerbang tol e-toll
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Pemerintah beserta badan usaha jalan tol telah sepakat menerapkan diskon tarif tol saat arus mudik dan balik Lebaran 2019. Hal ini dilakukan sebagai instrumen mengurai kepadatan lalu lintas pada puncak arus mudik dan balik. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, masih tutup mulut soal berapa besaran diskon tarif tol maupun tanggal pelaksanaan kebijakan itu. Namun, ia mengatakan, pihaknya akan mengumumkan besaran diskon tarif tol dan tanggal diberlakukannya besok, Rabu 22 Mei 2019.

"Besok akan diumumkan," kata Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa 21 Mei 2019. 

Basuki memberikan bocoran bahwa diskon tarif tol ini akan dinaikkan dibanding kesepakatan awal. Namun, ia masih enggan untuk memberikan keterangan secara rinci. 

"Iya dinaikkan diskonnya. Nanti akan didiskusikan lagi. Besok akan diumumkan berapanya dan kapannya," ujar dia. 

Basuki menambahkan, karena ini untuk kepentingan orang banyak tentunya butuh negosiasi berkali-kali dengan badan usaha. Kebijakan diskon ini, lanjut dia, akan diterapkan di seluruh jalan tol yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk sekaligus Ketua Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Desi Arryani mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan kebutuhan pemudik untuk arus mudik dan balik Lebaran seperti rest area atau tempat istirahat. Di sepanjang ruas tol Trans Jawa setidaknya ada 72 rest area yang tersebar. 
 
"Di Medan juga ada yang difungsionalkan. Tapi belum semua ya, di Balikpapan belum, Manado belum," kata Desi. 

Dengan adanya kebijakan satu arah atau one way di Trans Jawa saat arus mudik nanti, Desi menambahkan, rest area tentunya akan lebih besar kapasitasnya sehingga dipastikan tidak akan ada gangguan. 

"Kalau one way jadi diterapkan, itu rest area dua kali lipat kapasitasnya karena kiri kanan bisa dipakai," tuturnya.