Ririek Adriansyah Jadi Direktur Utama Telkom

Dewan Direksi PT Telkom Indonesia.
Sumber :
  • M Yudha Prastya/VIVA.co.id

VIVA – PT Telkom Indonesia Tbk mencatatkan laba bersih sebesar Rp18 triliun yang dibukukan sepanjang 2018. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan juga telah menyepakati pembagian dividen sebesar Rp16,23 triliun.

Selain itu, pemegang saham menyetujui perubahan susunan pengurus dewan komisaris dan dewan direksi perseroan. Di mana Ririek Adriansyah ditunjuk sebagai direktur utama Telkom menggantikan Alex Janangkih Sinaga yang telah habis masa jabatannya.

"Rapat menyetujui payout ratio sebesar 90 persen ini dengan rincian 60 persen atau sebesar Rp10,82 triliun merupakan dividen tunai, dan 30 persen atau Rp5,41 triliun merupakan dividen spesial," kata Ririek di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat 24 Mei 2019.

"Sementara itu, sisanya sebesar 10 persen atau Rp1,80 triliun merupakan laba ditahan dan akan digunakan untuk membiayai pengembangan usaha perseroan," ujarnya.

Ririek menjelaskan, dividen tunai dan dividen spesial tahun buku 2018 akan dibayarkan secara sekaligus selambat-lambatnya pada 27 Juni 2019. Adapun yang berhak menerimanya adalah para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan per t13 Juni 2019 sampai dengan pukul 16.15 WIB.

"Laba bersih ini dihasilkan dari pendapatan perseroan di tahun 2018 yang mencapai Rp130,8 triliun, tumbuh positif sebesar 2 persen dibanding tahun 2017 dengan EBITDA Rp59,2 triliun," ujarnya.

Selain pergantian posisi direktur utama, beberapa posisi direktur lainnya juga turut diganti karena habis masa jabatannya, dan hanya Direktur Keuangan Harry M. Zein yang masih menjabat.

Di posisi dewan komisaris juga terjadi perombakan, di mana posisi komisaris utama yang tadinya ditempati Hendri Saparini kini digantikan oleh Rhenald Kasali. Adapun susunan dewan komisaris dan dewan direksi hasil RUPST Tahun Buku 2018 adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Renald Khasali
Komisaris: Edwin Hidayat Abdullah
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Ismail
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo
Komisaris Independen: Cahyana Ahmadjayadi
Komisaris Independen: Margiyono Darsasumarja

Dewan Direksi

Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur: Harry M. Zen
Direktur: Siti Choiriana
Direktur: Zulhelfi Abidin
Direktur: Faizal R. Djoemadi
Direktur: Achmad Sugiarto
Direktur: Edwin Aristiawan
Direktur: Edi Witjara
Direktur: Bogi Witjaksono