Jelang Mudik, Pertamina MOR I Operasionalkan Dua SPBU Kantong

SPBU Kantong disiapkan Pertamina jelang Idul Fitri 1440 H.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Pertamina Marketing Operation Region atau MOR I Branch Sumatera Barat, mengoperasikan dua unit SPBU dalam bentuk mobil tangki kantong untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM menjelang hari raya Idul Fitri 1440 hijrah. Kedua SPBU kantong disiagakan di SPBU By Pass dan SPBU Juanda.

Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo menyebutkan, kalau SPBU kantong itu sudah mulai beroperasi sejak Sabtu 26 Mei 2019. 

Khusus untuk kota Padang, kata Roby, Pertamina mencatat adanya lonjakan kebutuhan Premium hingga 40 persen. Maka dari itu, SPBU kantong langsung diaktifkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Kedua SPBU kantong itu memiliki kapasitas total 32.000 liter. Ini untuk menambah stok Premium di masing-masing SPBU sebanyak 16.000 liter," kata Roby, Senin 27 Mei 2019.

Menurut Roby, selain Premium, produk BBM berkualitas seperti Pertamax juga membukukan peningkatan konsumsi. Selama periode 1 hingga 24 Mei, penyaluran Pertamax bertambah dua persen atau 44.000 liter per hari dibanding rata-rata konsumsi April 2019. 

Meski demikian, kata dia, dipastikan hingga 15 hari ke depan, stok BBM di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Teluk Kabung mampu memenuhi kebutuhan konsumen. 

"Kalau SPBU kantong itu, mendapatkan suplai dari Terminal Bahan Bakar Minyak Teluk Kabung. Hingga 15 hari ke depan, stok BBM mampu memenuhi kebutuhan konsumen," ujar Roby. 

Roby menambahkan, selain itu, untuk melayani para pemudik, Pertamina juga membuat rumah Pertamina siaga yang disediakan fasilitas berupa layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya untuk melepas lelah dengan lokasi di jalur trans Sumatera, tepatnya di SPBU 13.262.511 Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Demi meningkatkan keamanan berkendara, kami sarankan pemudik untuk rehat secukupnya. Di antaranya, bisa di Rumah Siaga Pertamina, yang akan mulai beroperasi mulai yang akan beroperasi mulai H-5 sampai H-1 sebelum Lebaran," tutur Roby. (asp)