Jokowi Berencana Tambahan Lembaga Baru pada Periode Kedua

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Dok. Sekretariat Presiden

VIVA – Di periode kedua pemerintahannya 2019-2024, Presiden Joko Widodo sedang mempersiapkan menambah lembaga baru. Untuk menggodok itu, tim sedang bekerja.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengatakan, saat ini tim tersebut sedang bekerja untuk mengkaji soal lembaga tersebut. Menurutnya, lembaga ini untuk mendukung kerja prioritas yang dicanangkan Kepala Negara.

"Masih ada beberapa tim yang sedang bekerja. Tapi prinsipnya adalah setiap periode itu selalu ada prioritas. Pak Presiden kan begitu, selalu ada prioritas tertentu yang lebih diutamakan. Misalnya infrastruktur, habis ini SDM. Itu selalu begitu," jelas Pratikno, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 29 Mei 2019.

Pratikno belum bisa memberi tahu, lembaga apa yang akan dibuat tersebut. Hanya saja masih dikaji oleh tim, seperti apa nantinya lembaga itu. Termasuk apakah lembaga baru itu akan berdiri sendiri, atau justru berada di bawah kementerian.

"Masih diolah terus. Artinya apakah lembaga itu berdiri sendiri, atau terintegrasi dengan lembaga yang ada. Itu yang masih digodok terus," katanya.

Mantan Rektor UGM itu juga mengatakan, pembentukan lembaga baru kalau nantinya dibentuk, adalah semata-mata untuk mendukung pemerintahan dalam akselerasi program prioritas yang ingin dilakukan.

"Oleh karena itu akan didukung lembaga-lembaga yang tepat dan personel yang tepat juga," jelasnya. (sah)