Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 8-9 Juni 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tradisi mudik pada Lebaran 2019 ini berjalan dengan baik. Bahkan Budi mengaku cukup senang angka kecelakaan yang mengalami penurunan.

Budi mengatakan, saat ini pekerjaan selanjutnya adalah memikirkan arus balik. Tentunya ini juga menjadi fokus pemerintah agar arus balik juga berjalan dengan lancar.

"Selain darat, laut, kereta api juga bagus. Udara juga bagus. Semuanya berjalan dengan baik. Tinggal nanti arus balik yang mesti kita perhatikan," kata Budi usai bersilaturahim ke kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Rabu 5 Juni 2019

Budi mengatakan, persiapan arus balik ini tentunya juga tidak mudah. Dia memperkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019 karena tanggal 10 aktivitas telah kembali normal.

"Kita tahu juga tidak mudah. Waktu kita mudik panjang, baliknya 1 hari. Saya berpesan, diperkirakan puncak balik terjadi tanggal 8 dan 9 (Juni 2019)," ujarnya.

Untuk itu, Budi merekomendasikan agar para pemudik tidak balik bersamaan di tanggal-tanggal tersebut. Bagi pemudik yang ingin lebih lancar, bisa balik lebih awal, atau yang memiliki kelonggaran waktu, dapat balik pada tanggal 10 Juni 2019.

Untuk mendukung kelancaran arus balik tersebut, Budi mengatakan, pihaknya juga akan membuat lalu lintas satu arah pada tanggal 7,8 dan 9 Juni 2019.

"Saya rekomendasikan balik tanggal 7-10 supaya terbagi dalam 5 hari ya. Kita akan membuat one way 7 8 9. Sedangkan yang 6 tidak, 10 tidak," ujarnya.