Miliarder Ini Menyesal Telah Lakukan Empat Hal Ketika Usia 20-an

Miliarder Menyesal Telah Lakukan Empat Hal Ini Ketika Usia 20-an. (FOTO: Unsplash/Hutomo Abrianto)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pada dasarnya, miliarder adalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan penyesalan. Ungkapan itu dibenarkan oleh salah satu miliarder, Grant Cardone. Pasalnya, ia begitu menyesal telah melakukan empat hal yang tak semestinya saat dirinya masih menginjak usia 20-an.

Kini, Cardone telah berusia 61 tahun dan memimpin tujuh perusahaan swasta miliknya. Meskipun ia menyesalinya, namun ia tetap menghargai seluruh proses kegagalan yang ia lalui kala itu.

Apa saja hal yang ia sesali itu ya? Melansir dari CNBC, berikut keempat hal tersebut:

1. Alkohol dan Narkoba

Kilas balik, Cardone mengaku ketika lulus SMA ia mulai terobsesi pada hal-hal buruk. Ia terjerumus kepada alkohol dan narkoba.

Ketika mengingat sikapnya tersebut, ia menyesalinya. Lantaran, jika ia tak terjerumus dalam hal itu, uang miliknya bisa digunakan untuk berinvestasi dan mengembangkan dirinya untuk masa depan.

"Di dalam kehidupan nyata, gelar Anda tidak berguna jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Dengan berinvestasi pada pengembangan diri, Anda akan semakin mahal dan juga dapat menggali potensi dalam diri lebih baik," jelasnya.

2. Traveling

Cardone berpendapat bahwa traveling tidak melulu bagus bagi kebaikan diri. Menurutnya, keseringan melakukan traveling menandakan seseorang tidak memiliki determinasi yang kuat terhadap perkembangan kariernya.

"Banyak milenial traveling karena mereka tidak punya tujuan terhadap kariernya. Jika Anda tidak mempunyai pandangan yang jelas pada pekerjaan Anda, maka mudah sekali untuk terus traveling dan makan ramen di suatu hotel," ucapnya.

Jelasnya, ia tak menyalahkan orang yang senang liburan. Namun, menurutnya jika seseorang mengetahui tujuan bekerja, maka orang itu akan sadar bahwa traveling adalah kegiatan yang bisa ditunda.

3. Banyak Tidur

Memasuki usia muda, godaan untuk berleha-leha justru lebih besar. Banyak anak muda yang senang tidur, namun bermimpi ingin menjadi kaya raya. Nah, hal itulah yang disesali Cardone ketika kini telah berusia lanjut.

"Salah satu penyesalan terbesar saya ketika muda ialah menyia-nyiakan dan menganggap sepele waktu dalam sehari yang saya miliki. Saya membiarkan diri saya mengalir apa adanya dan justru tidak berpikir target-target apa dan bagaimana meraih semua tujuan tersebut," ucapnya.

4. Terlalu Nyaman dengan Pekerjaan

"Saya banyak menghabiskan waktu di usia 20-an bekerja dengan upah yang rendah. Selain itu, pekerjaan tersebut juga tidak menantang dan tidak membantu mengembangkan skill atau kecakapan baru di hidup saya. Saya tidak berkata bahwa pekerjaan dengan upah kecil buruk, tapi pekerjaan yang tidak mendorongmu lebih tidak akan membantu mu untuk lebih sukses," ujarnya.

Dia mengatakan, selagi masih muda, ada baiknya jika Anda terus terbiasa menanyakan sesuatu kepada diri sendiri seperti bagaimana memperoleh lebih banyak uang? Atau bagaimana pindah pekerjaan baru dengan upah yang lebih tinggi?