OJK Prediksi Kredit Perbankan Tumbuh Double Digit pada 2020

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso memprediksi, angka pertumbuhan kredit perbankan pada 2020 masih akan bisa tumbuh double digit.

Dia juga mengatakan, penyaluran kredit perbankan pada tahun depan diperkirakan masih akan tumbuh hingga mencapai 14 persen.

"Asumsi pertumbuhan kredit pada 2020 mendatang berada pada kisaran 12 persen hingga 14 persen," kata Wimboh di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 13 Juni 2019.

Wimboh mengatakan, OJK telah memproyeksi bahwa angka pertumbuhan Dana Pihak Ketiga atau DPK perbankan, masih dapat tumbuh pada kisaran 10 persen hingga 12 persen.

"Sehingga diharapkan likuiditas perbankan masih dapat longgar," ujar Wimboh.

Kemudian, Wimboh mengatakan, pihaknya juga memprediksi jika pertumbuhan masih akan terus berlanjut pada aset lembaga atau jasa keuangan lain, seperti misalnya di sektor perbankan dan asuransi.

Untuk sektor perbankan, OJK telah memprediksi bahwa pertumbuhan aset akan dapat mencapai 13 persen hingga 15 persen, pada 2020.

"Sementara untuk industri asuransi jiwa diprediksi masih akan tumbuh 10 persen hingga 11 persen, dan untuk industri asuransi umum diprediksi dapat tumbuh 15 persen hingga 17 persen," ujarnya.