Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 14 Juni 2019 | 13:08 WIB

Penjelasan Menhub Hingga Garuda soal Rute Domestik China Airlines

Team VIVA »
Raden Jihad Akbar
Fikri Halim
Foto :
  • VIVA/Sherly
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi angkat bicara soal kabar viral China Airlines yang 
mulai melayani rute domestik. 

Dalam sebuah pesan yang beredar di aplikasi percakapan WhatsApp, China Airlines dalam lamannya tampak melayani penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) menuju Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar (UPG). 

Baca Juga

Ditegaskan Budi, rute tersebut bukan milik maskapai asal Taiwan itu. Melainkan, ada kerja sama code share antara China Airlines dengan Garuda Indonesia yang memiliki rute domestik. 

"Tidak ada (buka rute domestik), sebenarnya tidak ada, itu code share, antara Garuda dengan itu (China Airlines)," kata Budi di kantornya, Jakarta, Jumat 14 Juni 2019. 

Terpopuler

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan menambahkan, pemerintah akan terus menjaga azas cabotage di penerbangan Indonesia. 

"Cabotage-nya harus dijaga," ucapnya. 

Dihubungi terpisah, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan membenarkan bahwa rute Jakarta-Makassar itu merupakan penerbangan Garuda Indonesia. 

"Maskapai penerbangan lumrah melakukan kerja sama code share," ungkap dia kepada VIVA

Di satu sisi, Ikhsan juga mengungkapkan, Garuda Indonesia dan China Airlines merupakan satu aliansi dalam Skyteam. Ia menegaskan, kerja sama code share itu adalah hal yang lumrah. 

"Kerja sama code share meliput rute Taipei - Jakarta, yang dioperasikan oleh China Airlines dan Jakarta - Makassar dioperasikan oleh Garuda Indonesia," tutur dia. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Garuda Pilih Berdamai dengan Rius Vernandes
TVONE NEWS - 1 hari lalu