Ternyata, Diam-diam Atasan Memerhatikan Ini ke Bawahannya

Ilustrasi pekerja kantoran
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bekerja membutuhkan tingkat keprofesionalan yang tinggi. Ini akan membuat Anda semakin kompeten dalam pekerjaan yang Anda tekuni. Selain itu, tentu atasan akan lebih memperhatikan Anda. 

Jika sudah seperti itu, Anda akan mendapat banyak keuntungan, salah satunya Anda bisa segera minta kenaikan gaji. Membahas tentang atasan, sebenarnya ada banyak sekali karakter dan sifat Atasan. 

Sebagian ada yang baik, ramah, dan santai. Namun, ada juga Atasan yang memiliki karakter yang kaku, cuek, dan terkesan pemarah. Ini adalah salah satu ujian untuk Anda sebagai karyawannya.

Tapi, Anda harus tahu kalau atasan yang cuek, kaku, dan pemarah ini sebenarnya untuk kebaikan Anda juga. Agar Anda bisa lebih disiplin, rajin, dan profesional.

Namun, ingat bahwa sebenarnya biasanya atasan itu diam-diam memerhatikan bawahannya. Apa saja itu? Inilah beberapa hal yang biasanya diperhatikan atasan pada bawahannya seperti dikutip Cermati.com, Rabu 19 Juni 2019:

1. Mengecek waktu kehadiran Anda

Anda yang sering bangun kesiangan tentu harus lebih waspada. Jika terlambat masuk kantor, sudah pasti beri kesan negatif pada tingkat profesionalitas Anda dalam bekerja.

Terlebih lagi, atasan tentu sesekali akan mengecek waktu kehadiran Anda tanpa sepengatahuan Anda. Kadang mereka akan sengaja datang terlambat dan kadang juga tepat waktu agar bisa memantau siapa saja yang datang tepat waktu.

Jika suatu saat di rapat kantor atasan Anda membahas tentang kehadiran atau harus datang tepat waktu, bisa dipastikan atasan Anda tahu beberapa karyawannya yang sempat datang terlambat dan juga tepat waktu.

2. Bagaimana cara Anda mengatur waktu

Meskipun Anda memiliki kepintaran yang jauh di atas rata-rata karyawan lain. Ini semua tidak akan membantu jika Anda memiliki pengaturan waktu yang buruk. Tentu saja ini akan menjadi pertimbangan atasan Anda. 

Hal ini merupakan salah satu yang paling utama dalam bekerja. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk bisa mengatur waktu sebaik mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jadi, saat atasan memberikan tugas yang harus Anda selesaikan dalam waktu yang singkat, bisa jadi atasan Anda sedang menguji bagaimana cara Anda mengatur waktu.

3. Bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan, apakah sesuai ‘deadline

Ini hampir sama dengan bagaimana cara Anda mengatur waktu. Jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik pekerjaan akan selesai tepat waktu. 

Selain itu, tugas yang diselesaikan di waktu yang singkat akan menguji bagaimana Anda bisa mengontrol emosi. Jika tidak, ini akan menjadi catatan untuk atasan bahwa Anda adalah karyawan yang tidak kompeten.

4. Cara Anda mengatasi masalah

Tingkat kedewasaan dan profesionalisme bisa dilihat dari bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah yang ada di kantor. Terutama saat Anda memiliki konflik dengan rekan kerja.

Atasan Anda tentu akan memerhatikan bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut. Jadi jangan biasakan gegabah mengambil keputusan, ya? Selalulah bersikap tenang.

5. Waktu lembur yang Anda habiskan selama di kantor

Meskipun setiap perusahaan sudah memiliki jadwal jam lembur setiap karyawannya sendiri, ada saja beberapa karyawan yang tidak mematuhi peraturan ini. Anda tentu harus memperhitungkan hal ini.

Jika Anda mendapat jadwal lembur, tentu harus Anda laksanakan. Jam lembur adalah salah satu cara agar pekerjaan bisa segera terselesaikan. Atasan Anda tentu bisa mengecek dan mengetahui karyawannya yang mematuhi jadwal lembur dan yang tidak melalui rekaman CCTV atau record kedatangan karyawan.

Tapi, Anda juga harus mendapat tidur yang cukup untuk bisa bekerja keesokan harinya. Jangan lembur setiap hari, karena justru tidak baik untuk kesehatan Anda.

6. Cara Anda berkomunikasi dengan orang lain

Anda tentu tidak tahu, atasan akan menilai kepribadian saat Anda berkomunikasi dengan orang lain. Jika Anda bisa berkomunikasi dengan baik, tentu ini akan mencerminkan kepribadian Anda yang bisa membawa diri dalam segala suasana.

Sebaiknya, jaga cara bicara Anda dan gunakan kata-kata yang pantas dan sopan saat berkomunikasi. Selain itu, bedakan cara bicara Anda saat berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja.

7. Cara Anda memperlakukan orang Lain

Karyawan yang teladan tentu bukan hanya yang pintar dalam menyelesaikan tugasnya, tapi juga pintar dalam menghormati dan memperlakukan orang di sekitarnya. 

Di kantor Anda tentu memiliki beberapa orang office boy dan juga office girl. Mereka bahkan membantu Anda melakukan hal-hal kecil seperti membersihkan meja kerja Anda, membelikan semua keperluan Anda, dan menyiapkan semua kebutuhan kantor.

Meskipun kerja mereka sederhana, namun kontribusi mereka dalam perusahaan sangat banyak membantu. Anda harus bisa memperlakukan mereka dengan baik. Jangan sembarangan memarahi atau mengkomplain kerja mereka. 

Jika memang perlu, tegurlah dengan lembut tanpa mengeluarkan kata-kata kasar dan membuat gaduh seisi kantor. Jika Anda bisa memperlakukan orang lain dengan baik terutama office boy dan juga office girl. Tentu Atasan Anda akan mencatat Anda sebagai karyawan yang memiliki kepribadian baik dan bisa menghargai orang lain.