Bumi Resources Anggarkan Belanja Modal hingga US$60 Juta Tahun Ini

Kegiatan penambangan Bumi Resources Minerals, anak usaha Bumi Resources.
Sumber :
  • Bumi Resources Minerals

VIVA – PT Bumi Resources Tbk memaparkan bahwa pada 2019, belanja modal atau capital expenditure perseroan dianggarkan sekitar US$50 juta hingga US$60 juta.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Bumi Resources, Dileep Srivastava, menjelaskan, belanja modal itu akan dialokasikan untuk keberlanjutan usaha dan pemeliharaan, reklamasi, serta penghijauan.

"Sumber dananya dari internal, dan didanai dari kapital sendiri. Karena kami tidak pinjam uang," kata Dileep usai menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 18 Juni 2019.

"Karena kami sudah menghabiskan sekian banyak untuk infrastruktur selama beberapa tahun terakhir," ujarnya.

Dileep menambahkan, capaian produksi batu bara perseroan untuk 2019 ditargetkan mencapai 88-90 juta ton. Target itu jauh di bawah pencapaian produksi tahun lalu, yang mencapai 220 juta ton.

Dia juga menjelaskan bahwa untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2018, perseroan tidak dapat membagikan dividen kepada seluruh pemegang saham.

"Kami bayarkan bunga atas pinjaman yang dilakukan sekitar US$150 juta sampai US$160 juta per tahun. Jika tidak ada pembayaran utang ini tentu keuntungan kami akan lebih besar," ujarnya.

Hasil RUPST kali ini juga menyetujui pengunduran diri Haiyong Yu dari jabatannya sebagai direktur perseroan, dan menyetujui pengangkatan Yingbin Ian He sebagai penggantinya.

Kemudian, RUPST juga menyetujui pengangkatan kembali Saptari Hoedaja sebagai presiden direktur, Andrew C. Beckham sebagai direktur, Dileep Srivastava sebagai direktur independen, R.A. Sri Dharmayanti sebagai direktur, dan Nalinkant Amratlal Rathod sebagai presiden komisaris. Kesemua jabatan itu akan berlaku efektif sejak ditutupnya rapat hari ini sampai RUPST 2024.

Struktur jajaran komisaris dan direksi PT Bumi Resources Tbk terbaru hasil RUPST adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

Presiden Komisaris: Nalinkant Amratlal Rathod
Komisaris Independen: Anton Setianto Soedarsono, 
Komisaris Independen: Kanaka Poeradiredja
Komisaris Independen: Y.A Didik Cahyanto
Komisaris: Eddie Junianto Subari
Komisaris: Thomas Myer Kearney
Komisaris: Jinping Ma
Komisaris: Wen Yao

Dewan Direksi:

Presiden Direktur: Saptari Hoedaja
Direktur: Andrew C. Beckham, 
Direktur Independen: Dileep Srivastava
Direktur: R.A. Sri Dharmayanti
Direktur: Linjun Zhang
Direktur: Xuefeng Ruan
Direktur: Yingbin Ian He