6 Maskapai Pastikan Beroperasi, Jam Operasional Kertajati Ditambah

Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Penerbangan komersial rute domestik dengan pesawat jet rencananya akan dipindah seluruhnya dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati paling lambat 1 Juli mendatang.

Total ada 56 penerbangan terdiri dari 28 take-off dan 28 landing, yang pindah ke Kertajati. Perpindahan penerbangan tersebut dilakukan bertahap dan tenggat terakhir pesawat jet rute domestik beroperasi di Husein Sastranegara pada 30 Juni 2019. 

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Husein Sastranegara dan Kertajati telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah memperpanjang jam operasional Kertajati. 

Pada hari ini, Direktorat Perhubungan Jenderal Udara Kementerian Perhubungan pun telah menyetujui perpanjangan jam operasional Kertajati dari 06.00-19.00 WIB menjadi 06.00-21.00 WIB. 

Hal itu sesuai surat Direktur Bandara Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub nomor AU.101/0195/DBU/VI/2019 perihal Jam Operasi Bandar Udara. Vice President of Corporate Communications AP II Yado Yarismano mengatakan perpanjangan operasional Kertajati didukung juga dengan kesiapan personel.

“Kami memastikan periode pengalihan penerbangan serta operasional keseluruhan di Kertajati tidak mengabaikan dan tetap mengedepankan safety, security, services dan compliance atau 3S+1C,” ujar Yado dikutip dari keterangan resminya Rabu 19 Juni 2019.

Menurut Yado, ada beberapa maskapai yang mulai bulan depan memastikan akan mengoperasikan penerbangan domestik di Kertajati. Berikut ini daftar maskapai sekaligus rute yang dilayani:

1. Garuda: Surabaya dan Denpasar
2. Citilink: Denpasar, Pekanbaru, Kualanamu, Palembang, Surabaya
3. Lion Air: Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Kualanamu, Batam, Surabaya, Lombok, Pontianak, Ujung Pandang, Yogyakarta
4. AirAsia: Denpasar
5. Xpress Air: Palembang dan Padang
6. Nam Air: Surabaya

“Maskapai juga menyatakan siap untuk mengalihkan penerbangan dan saat ini juga tengah melakukan berbagai persiapan. Kami optimistis tenggat paling lambat 1 Juli 2019 penerbangan domestik pesawat jet pindah ke Kertajati bisa dipenuhi,” jelas Yado. 

Kertajati merupakan bandara terbesar di Jawa Barat dan nantinya diproyeksikan sebagai yang terbesar kedua di Indonesia. Pada tahap awal, kapasitas terminal penumpang di Kertajati dapat mengakomodir 5 juta penumpang per tahun, di mana bandara ini juga diperkuat dengan runway yang mampu melayani penerbangan pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas Boeing 777.