Terminal IV Bandara Soetta Jadi, Jokowi Janji Ada 110 Juta Penumpang

Presiden Jokowi tinjau pembangunan runway ketiga Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Setelah terminal 3 Bandara Soekarno Hatta diresmikan, Presiden Joko Widodo langsung menginstruksikan pengembangan terminal 4. Kini, sedang dalam design. Instruksi pembangunan terminal 4 itu, disampaikan Jokowi pada 2017.

Dengan melihat perkembangan ini, Jokowi berharap pada 2021 nanti, terminal keempat tersebut sudah bisa kembali dibangun.

"Kita harapkan di 2021, terminal keempat juga sudah dibangun lagi. Tiga tahun rampung, kapasitas 35 juta. Sehingga, total nantinya kita harapkan di sini bisa menampung 110 juta penumpang, dengan plus terminal keempat,"ujar Joko Widodo, dalam peninjauan runway ketiga, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat 21 Juni 2019.

Saat ini, Soetta termasuk bandara yang tersibuk. Banyaknya lalu lintas penerbangan, membuat sebagian negara yang ingin masuk dan meminta slot, tidak bisa terpenuhi. Salah satu langkah yang dilakukan, dengan membangun runway ketiga.

Jokowi menyadari, ke depan perkembangan industri penerbangan akan berkembang dengan sangat cepat. Sehingga, perlu diantisipasi dengan mempersiapkan infrastruktur bandara yang semakin besar.

"Kalau pembangunan runway dan pembangunan east cross taxiway enggak dikejar, pembangunan terminal enggak dikejar, sama saja nanti keduluan lagi (oleh negara lain). Infrastruktur harus mendahului dari pertumbuhan yang ada," jelas mantan Gubernur DKI itu.

Indonesia, lanjut dia, harus mengejar. Harus berburu dengan semakin cepatnya pertumbuhan. Termasuk di bandara, yang pertumbuhannya begitu cepat. Untuk terminal baru ini, nantinya mengkoneksikan dengan moda transportasi menurutnya sudah mudah.

"Sekarang, sudah ada kereta bandara. Bisa saja nanti ditambah LRT sampai sini, atau kereta cepatnya diteruskan sampai ke Soetta," ujarnya. (asp)