Lowongan CPNS 2019 Belum Dibuka, Ini Penjelasan BKN

Kepala Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.
Sumber :
  • Rifki Arsilan/VIVA.co.id

VIVA – Kepala Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum dapat memastikan kapan waktu pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih menunggu kebutuhan posisi CPNS atau formasi yang dibutuhkan oleh kementerian atau lembaga terkait.

"Belum bisa dipastikan, karena kita masih menunggu kebutuhan posisi yang bakal diisi oleh Kementerian atau Lembaga yang nanti akan diserahkan kepada Menpan RB, setelah itu baru Menpan-RB menyerahkan kebutuhan itu kepada Kepala BKN selaku Kepala Seleksi Nasional CPNS," kata Mohammad Ridwan di kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Cawang, Jakarta Timur, Jumat 21 Juni 2019.

Kendati demikian, ia membenarkan rencana pemerintah yang akan membuka pendaftaran CPNS dan PPPK sebanyak 254.173 pegawai tahun ini. "Tapi untuk waktu kita belum bisa memastikan kapan mulai dibukanya," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin, pada bulan Maret lalu telah mengeluarkan Surat Keputusan Menpan-RB Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kebutuhan Aparatur Sipil Negara Secara Nasional tahun 2019. Dalam surat keputusan itu, Menpan-RB menyatakan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah membutuhkan tambahan ASN sebanyak 254.173.

Dengan rincian alokasi untuk pemerintah pusat sebanyak 46.425 orang, untuk pemerintah daerah sebanyak 207.748 orang.

"Jadi waktu itu adalah ancar-ancar saja, karena tidak boleh blank kan. Pak Menpan melaporkan ada sekitar 250 ribu lebih itu kan target tahun ini yang sekarang sedang diproses. Nanti setelah proses kebutuhan formasi dari kementerian dan lembaganya sudah jelas, baru kita akan umumkan pembukaannya," kata Ridwan.