Kenali Tanda Ini bahwa Penghasilan Anda Sebenarnya Tak Mencukupi

Ilustrasi gaji habis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Begitu terjun ke dunia kerja, seseorang telah mempunyai kendali penuh untuk mengatur pengeluarannya sendiri, termasuk dalam proses pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Dengan punya kemampuan pengelolaan uang yang baik, gaji yang diterima akan dapat teralokasikan dengan tepat, sehingga mampu mencukupi semua kebutuhan. Namun, tak semua orang memiliki pemasukan yang cukup memenuhi kebutuhannya.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Dari faktor internal, mungkin kemampuan Anda untuk mengelola pendapatan yang diterima kurang baik. Jika dari faktor eksternal, mungkin memang gaji yang Anda terima tidak mencukupi.

Pemasukan yang terbatas merupakan masalah yang dapat memengaruhi kualitas hidup. Jika merasa mengalami kesulitan di bidang finansial, Anda perlu mengetahui apakah masalah tersebut disebabkan karena faktor internal atau eksternal.

Ketahui informasi berikut ini untuk mengenali tanda-tanda apakah pemasukan Anda tidak mencukupi, sekaligus tindakan untuk mengatasinya seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 25 Juni 2019:

1. Tak punya dana simpanan

Menyimpan dana dapat dilakukan dengan cara menabung, secara konvensional maupun dengan berinvestasi. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mempersiapkan finansial di masa yang akan datang.

Selain itu, dengan adanya dana simpanan, Anda tidak perlu khawatir ketika mendadak memerlukan uang. Jika Anda tidak memiliki uang ekstra untuk dialokasikan ke dana simpanan, maka Anda perlu memperbaiki pengelolaan keuangan Anda.

Bagaimanapun juga, memiliki simpanan uang merupakan sangat penting, karena banyak hal dapat terjadi di luar diprediksi Anda, dan kadang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang dengan jumlah banyak.

2. Tak terasa, gaji hanya numpang lewat saja

Umumnya, gaji diberikan dalam frekuensi tertentu, seperti harian, bulanan, atau bahkan setiap menyelesaikan proyek. Jika gaji yang Anda terima telah habis sebelum tiba waktu untuk menerima gaji yang berikutnya, maka ada yang salah dengan kondisi finansial Anda.

Penyebabnya bisa karena Anda tidak mengontrol pengeluaran dengan baik, atau karena pendapatan Anda memang tidak memadai. Pendapatan dapat dikatakan cukup ketika mampu untuk memenuhi kebutuhan dan masih ada sisa untuk dijadikan simpanan.

Jika pendapatan Anda memang tidak mencukupi, maka mulailah untuk memikirkan alternatif lain yang bisa menambah pemasukan agar kondisi finansial dapat tertolong. Jadi, apakah selama ini gaji Anda hanya numpang lewat saja?

3. Merasa terlalu banyak tagihan bahkan tunggakan utang

Seseorang dengan pemasukan yang memadai tentu mampu untuk melunasi tagihan-tagihan rutinnya. Nah, bagaimana jika sebaliknya?

Jika Anda merasa bahwa tagihan terlalu banyak dan cukup sulit untuk mengatur keuangan agar dapat melunasi semuanya secara tepat waktu, maka ini adalah salah satu tanda bahwa pekerjaan Anda tidak memberikan pendapatan yang cukup.

Ketika dihadapkan pada masalah tersebut, maka segera buat rencana untuk menambah pemasukan, agar semua tagihan dapat terlunasi. Jangan sampai Anda membiarkan tagihan dibayar melebihi deadline atau bahkan menunggak.

Jika terpaksa terjadi, nantinya Anda akan dikenakan denda dan beban keuangan menjadi jauh lebih berat. Sudah pasti keuangan bakal berantakan jadinya.

4. Arus keuangan tidak sesuai dengan anggaran

Memiliki anggaran bertujuan agar pemasukan Anda dapat terencana dengan baik, sekaligus untuk mengontrol pengeluaran. Namun, apabila sirkulasi keuangan tidak berjalan sesuai dengan anggaran tersebut, salah satu penyebabnya mungkin pemasukan Anda yang belum mampu mencukupi semua kebutuhan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan ketika pemasukan tidak mampu untuk memenuhi semua kebutuhan adalah dengan mengevaluasi pengeluaran. Tinjau kembali daftar kebutuhan Anda, dan eliminasi yang sekiranya tidak terlalu penting.

Untuk mengimbangi langkah tersebut, terapkan gaya hidup hemat agar angka pengeluaran mengalami penekanan dan dapat Anda lakukan secara konsisten.

5. Sering menggunakan kartu kredit hingga ‘over’ limit

Kartu kredit memang memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam memenuhi kebutuhan. Namun, perlu diingat bahwa kartu kredit hanya memberikan bantuan berupa pinjaman uang, dan pemakainya memiliki kewajiban untuk melunasinya tiap bulan.

Ketika merasa pendapatan yang masuk tidak dapat memenuhi semua kebutuhan, mungkin Anda akan memilih untuk menggunakan kartu kredit sebagai solusinya. Namun, perlu diingat bahwa dengan melakukan hal tersebut, berarti Anda memiliki utang yang harus dilunasi.

Lalu bagaimana Anda dapat membayar tagihan kartu kredit jika gaji yang diterima tidak mencukupi? Sebelum tagihan Anda melonjak tinggi, segera kurangi penggunaan kartu kredit dan cobalah untuk menjalani hidup yang sesuai dengan pendapatan.

Gunakan kartu kredit dengan bijak karena bisa menguntung, seperti menggunakan kartu kredit apabila ada promo barang yang memang dibutuhkan.