Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 26 Juni 2019 | 10:22 WIB

Kisah Doris Fisher Bangun Bisnis The Gap Hingga Punya Seratusan Toko

Foto :
  • wartaekonomi
Kisah Wanita Pemilik 180 Toko Ritel Busana, Kekayaannya Capai Triliunan. (FOTO: Bloomberg)

Sosok wanita pebisnis yang menginspirasi kali ini datang dari Amerika Serikat (AS). Namanya Doris Fisher. Ia merupakan pemilik ritel busana terkenal, The Gap.

Perjalanan bisnisnya dimulai ketika 21 Agustus 1969. Doris mendirikan toko The Gap itu bersama pasangannya yang kini telah tiada, Donald Fisher. Toko pertama mereka berada di Ocean Avenue, San Fransisco.

Baca Juga

Melansir dari Coturesocial.com (25/6/2019), saat baru mendirikan satu toko, pasangan suami istri ini hanya menjual merek orang lain yang sudah terkenal, yakni Levi’s dan LP Records. Mereka membuka toko tersebut bermodalkan uang sebesar US$63 ribu atau sekitar Rp882 juta.

The Gap selalu ramai pengunjung, karena itu tak butuh waktu lama bagi mereka meraup keuntungan. Di tahun kedua, omzet yang mereka dapatkan mencapai US$2 juta.

Terpopuler

Tanpa menunggu waktu lama, melihat omzet yang menjanjikan, mereka akhirnya memutuskan membuka toko kedua beserta gudangnya di San Jose, California. Ada empat karyawan yang bekerja di cabang toko barunya itu.

Lama kelamaan, The Gap semakin bersinar. Doris dan Donald pun semakin melebarkan sayapnya tanpa ragu. Hingga hanya dalam hitungan tahun, mereka sudah memiliki toko di 24 lokasi.

Bukan hanya melebarkan sayap dengan menambah toko, mereka akhirnya meluncurkan pakaian dengan merek mereka sendiri.

Sekitar 2 tahun setelah mereka meluncurkan pakaian dengan merek sendiri, The Gap berhasil mencatatkan penjualan dengan nilai lebih dari US$100 juta. Mereka menghasilkan pendapatan 5 kali lebih banyak dibandingkan lima tahun sebelumnya.

Uang yang mereka hasilkan ini digunakan untuk membeli toko, dan pada tahun itu, mereka telah membuka 180 toko di Amerika Serikat.

Memasuki tahun 1980, setelah melihat perkembang omzet yang semakin menjanjikan, mereka membulatkan keyakinan untuk tidak lagi menjual pakaian Levi’s.

Seiring berjalannya waktu, mereka membentuk sejumlah anak perusahaan, yaitu Banana Republic, Old Navy dan Gap Kids, yang sama-sama sukses, tetapi lebih fokus pada kalangan konsumen tertentu. Keberhasilan tokonya itu membawa Doris menjadi wanita miliarder. Kini kekayaan Doris mencapai US$2,4 miliar atau sekitar Rp33,6 triliun.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Kisah Pembuat Gerabah Berusia 108 Tahun
APA KABAR INDONESIA - lewat 2 tahun lalu