Ditemui Presiden Macri, Jokowi Minta Akses Masuk Salak ke Argentina

Presiden Joko Widodo dan Presiden Mauricio Macri saat di Istana Bogor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Selain mengenai industri strategis, salah satu yang menjadi fokus Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Argentina Mauricio Macri, adalah sektor pertanian.

Untuk itu, Jokowi berharap Indonesia bisa menjadi pemasok buah-buahan ke Argentina. 

"Kita juga nanti menyampaikan perlunya dibuka komoditas-komoditas pertanian Indonesia yang bisa masuk ke Argentina, baik itu berupa salak, manggis, nanas, dan yang lain-lainnya," kata Presiden Jokowi, dalam keterangan pers bersama di Teratai Hall, Istana Bogor, Rabu 26 Juni 2019.

Indonesia dan Argentina, kata Jokowi, adalah dua negara yang memiliki potensi agraria yang cukup besar. Maka kerja sama di sektor ini, menurut Kepala Negara memang harus ditingkatkan.

"Saya menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari rencana aksi kerja sama pertanian antara Argentina dan Indonesia," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi berharap, para pengusaha dari kedua negara juga bisa saling bekerja sama. Jokowi menilai perlu bagi pengusaha Argentina mempertimbangkan Indonesia, dengan saling mempererat hubungan antarpengusaha kedua negara.

"Di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia," tutur mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Kerja sama yang meluas, juga diharapkan oleh Presiden Jokowi. Termasuk negara-negara di kawasan Amerika Selatan, yang terjalin baik dengan Argentina selama ini.

"Indonesia juga terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dengan klub dagang terbesar di kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay," kata Jokowi.