Andai Masih Berusia 20-an, Bill Gates Akui Ingin Bangun Perusahaan Ini

Andai Masih Berusia 20-an, Bill Gates Bakal Dirikan Perusahaan AI Sekarang. (FOTO: Bankrate)
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVA – Jika masih berusia 20-an, apa yang sekiranya akan kamu lakukan? Jika kamu ingin berleha-leha dan menikmati hidup, kamu berbeda dengan miliarder Bill Gates. Ia mengaku ingin lebih mengeksplor lagi dunia teknologi.

Dalam dialog Economic Club of Washington, D.C., Bill Gates membahas pentingnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam memahami berbagai permasalahan di dunia. Ia percaya AI bisa menjadi solusi.

Melalui hal itu, jika Gates saat ini masih muda, ia ingin mendirikan perusahaan AI yang bisa mengajari cara membaca. Menurut dia, perkembangan AI dalam area tersebut masih terbilang mandek.

"Melihat latar belakang saya, saya akan mendirikan perusahaan AI yang tujuannya bisa mengajari komputer cara membaca, sehingga mereka bisa menyerap dan memahami segala ilmu pengetahuan di dunia," kata suami dari Melinda Gates tersebut seperti dilansir dari CNN Business.

Kendati demikian, dengan kehadiran AI, banyak pihak yang merasa terancam akan kehilangan pekerjaan. Lain hal dengan itu, Gates justru tak mengkhawatirkannya.

Menurutnya, kehadiran AI justru bagus karena produktif dan bisa memberikan waktu tambahan manusia masyarakat. Hanya saja, masyarakat memang butuh waktu untuk menyesuaikan.

"Pertambahan produktivitas yang datang dari AI akan menciptakan dilema tentang apa yang harus orang-orang lakukan dengan waktu ekstra tersebut. Meski demikian perlu ada penyesuaian yang terjadi," ujarnya.