Ternak Lele tapi Susah Memasarkan? Begini Tipsnya

Bisnis Ternak Lele Tapi Sulit Memasarkan? Ini Tipsnya. (FOTO: Seno)
Sumber :
  • wartaekonomi

Bisnis ternak ikan lele memang menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untung besar. Selain itu, menernak ikan lele juga tidaklah sulit. Perawatan untuk jenis ikan ini cukup mudah dan tidak banyak memakan biaya.  

Meski demikian, namun faktanya masih banyak pengusaha ternak lele yang masih pemula, kesulitan untuk mendapatkan pembeli atau pelanggan. Mungkin untuk bisnis dengan skala kecil, Anda akan mudah memasarkannya, baik ke tetangga, kerabat ataupun teman dekat. 

Akan tetapi, jika ikan lele yang Anda ternak berkembang biak dan semakin banyak, tentu Anda akan kesulitan dalam memasarkannya. Seperti dikutip dari Jurnal.id, Anda dapat mencoba tips berikut untuk memasarkan ikan lele. 

1. Tawarkan ke pedagang pecel lele

Pecel lele adalah salah satu makanan favorit, khususnya di pulau Jawa. Memasarkan lele kepada pedagang pecel lele menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Di sini, Anda dapat menawarkan kerja sama kepada pedagang pecel lele dengan menyediakan lele bagi bisnis mereka. 

Untuk itu, penting bagi Anda untuk membagi kolam sehingga Anda dapat memastikan ada kesinambungan panen untuk memenuhi permintaan ikan lele.

2. Menjadi supplier pasar

Selain sebagai sajian di tempat makan pecel lele, ikan jenis ini juga banyak digemari rumah tangga. Selain harganya yang lebih murah dengan rasa yang gurih dan mengandung gizi tinggi, ikan jenis ini juga menjadi salah satu ikan dengan permintaan tertinggi di pasar. 

Untuk mengupayakan cara pemasaran ini, Anda harus memiliki strategi khusus untuk mengalahkan supplier lama atau untuk mendapat bagian dari permintaan yang ada di pasar tersebut.

3. Cari produsen makanan berbahan dasar lele

Saat ini banyak sekali pengusaha yang menjalankan bisnis makanan berbahan dasar lele, mulai dari abon lele, kerupuk kulit lele, dendeng lele, nugget lele, dan sebagainya. Karena itu, untuk memasarkan ikan lele, Anda harus dapat mencari produsen yang memproduksi makanan-makanan berbahan dasar lele. 

Bagi produsen makanan, biasanya kesinambungan suplai bahan baku adalah salah satu hal penting bagi perkembangan bisnis mereka. Jadi, cobalah bekerja sama dan jalin hubungan baik dengan produsen makanan berbahan dasar lele mulai saat ini.

4. Kerja sama dengan pengepul

Bekerja sama dengan pengepul adalah salah satu cara memasarkan ikan lele secara praktis. Biasanya banyak cara bisa bertemu pengepul, bahkan terkadang ada beberapa pengepul yang mendatangi Anda karena telah mengetahui bahwa Anda menjalankan bisnis ternak lele. 

Untuk berkerja sama dengan pengepul, Anda harus memerhatikan penawaran harga yang mereka berikan, bila perlu, Anda dapat mengumpulkan beberapa pengepul untuk mendapatkan harga lele terbaik.

5. Kerja sama dengan restoran

Ikan lele tidak hanya disajikan di warung pecel lele pinggir jalan atau di warung makan kecil, tapi lele juga bisa menjadi sajian favorit di restoran. Ada banyak restoran yang mengolah lele menjadi salah satu makanan atau menu favorit. 

Untuk masuk ke pasar ini, Anda harus sangat memerhatikan kualitas dan ukuran, namun untuk harga Anda tidak perlu khawatir, karena banyak restoran yang siap membayar lele berkualitas dengan harga yang cukup besar dibanding warung makan kecil.