Salip China dan AS, Banyak Miliarder Bermekaran di Prancis

Miliarder Banyak Bermekaran di Prancis, China dan AS Lewat. (FOTO: Reuters/Philippe Wojazer)
Sumber :
  • wartaekonomi

Kenaikan jumlah miliarder beserta kekayaannya memang tak terduga. Berdasarkan laporan terbaru Bloomberg Billionaire Index, Prancis menempati posisi pertama sebagai negara yang memiliki pelonjakan miliarder serta besaran hartanya.

Berdasarkan laporan tersebut, Prancis memiliki 14 miliarder yang terdaftar dengan kombinasi kekayaan bersih mencapai US$78 miliar.

Dengan jumlah tersebut, menandakan kenaikan sebesar 35% terhitung sejak 31 Desember 2018. Kenaikan tersebut dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan miliarder China, yakni sekitar 17%, Amerika Serikat (AS) 15%.

Pebisnis barang-barang mewah asal Prancis seperti Bernard Arnault, Francois Pinault, dan Francoise Bettencourt Meyers telah memimpin kenaikan di Prancis dengan kombinasi kekayaan US$53 miliar.

Prancis semakin panen orang kaya, terlebih lagi kekayaan Bernard Arnault, yang tak lain adalah Bos LVMH ini melonjak sekitar US$32 miliar atau sekitar Rp456 triliun akibat kenaikan saham LVMH sebesar 2,9%.

Penambahan harta Arnault itu membawanya masuk ke dalam klub elite miliarder dunia, centibillionaires, bergabung dengan Jeff Bezos dan Bill Gates. Pasalnya, kini kekayaan Arnault telah menyentuh angka US$100 miliar atau sekitar Rp1.427 triliun.

Selain Prancis, miliarder juga bermekaran di sejumlah negara Asia, dalam hal ini Thailand, Singapura, dan Jepang. Kekayaan bersih miliarder Thailand naik sekitar 33%, Singapura 31%, dan Jepang 24%.