Listrik Terminal 3 Bandara Soetta Sempat Padam, 18 Penerbangan Delay

Para calon penumpang pesawat udara di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Sebanyak 18 jadwal penerbangan domestik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mengalami keterlambatan, Senin, 15 Juli 2019. Hal itu dikarenakan padamnya listrik akibat gangguan suplai listrik dari Main Power System 3 (MPS 3).

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada pukul 04.58 WIB yang mengakibatkan sejumlah area pelayanan di Terminal 3 padam selama 30 menit.

"Betul, pagi tadi padam, dan sejumlah penerbangan harus ditunda yang tentunya mengalami keterlambatan. Beberapa fasilitas lain juga harus dilakukan secara manual. Adanya hal ini, kami sudah menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta," katanya saat dikonfirmasi VIVA.

Beberapa fasilitas yang sempat dilakukan secara manual yakni fasilitas check-in dan baggage handling system. Sebab, fasilitas check-in memerlukan recovery 5 sampai 10 menit. Sedangkan baggage handling system memerlukan restart sekitar 30 menit.

Kendati demikian, pihak Angkasa Pura II memastikan, saat ini pelayanan di Terminal 3 telah berjalan normal. Pihaknya juga melakukan evaluasi dan penelusuran unit terkait.

"Sekarang sudah normal, seluruhnya sudah terkendali. Dan kami pun akan mengevaluasi hal ini," ujarnya.

Peristiwa padamnya bandara tersibuk di Indonesia tersebut sempat viral usai salah satu akun sosial media milik @kangbudi memosting kejadian itu.

Dalam akunnya tertulis "@AP_Airports @jokowi luar biasa #terminal3 bandara Soetta padam listrik sudah hampir satu jam tanpa ada alternatif lain, generator misalnya. Bandara gelap gulita, air di toilet mati, termasuk ban berjalan. Sekelas terminal 3 yg internasional mengalami kejadian ini kok memalukan ya" (ase)