Gelar Ratas, Jokowi Beberkan Prioritas Anggaran 2020

Presiden Joko Widodo menggelar ratas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas membahas pagu indikatif tahun anggaran 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 15 Juli 2019. Hadir sejumlah menteri kabinet kerja dalam rapat tersebut. 

Saat membuka rapat, Jokowi menyampaikan lima prioritas yang akan dikedepankan dalam APBN 2020. Ia berharap, kebijakan ini mampu menciptakan Indonesia sebagai negara yang berdaya saing. 

"Karena itu, pagu indikatif 2020 ada beberapa hal yang kita ingatkan. pertama, APBN 2020 terutama kita prioritaskan untuk perbaiki SDM baik pendidikan, kesehatan maupun pelatihan," ujar Jokowi. 

Prioritas kedua, lanjut Jokowi adalah anggaran di bidang kesehatan yang dialokasikan sebesar 5 persen. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kesehatan rakyat di seluruh tanah air. 

"Dan juga yang paling penting adalah stunting, kurang gizi dan keselamatan ibu hamil saat melahirkan, serta program imunisasi harus betul-betul jadi fokus kita dalam pembangunan SDM," kata Mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Prioritas ketiga, Jokowi melanjutkan, anggaran infrastruktur agar lebih difokuskan dan langsung tersambung dengan wilayah sentra produksi. Mulai dari kawasan ekonomi khusus, kawasan pariwisata hingga kawasan yang lebih kecil yaitu seperti persawahan, kawasan produksi pertanian, perikanan perkebunan hingga sentra-sentra UMKM. 

Keempat, Jokowi menekankan, APBN 2020 harus mampu mengurangi kemiskinan. Hal itu akan diwujudkan melalui Program Keluarga Harapan, dana desa hingga bantuan modal untuk pengusaha mikro atau UMKM.

"Terakhir, untuk belanja pegawai, semuanya harus dikaitkan dengan reformasi birokrasi baik di pusat dan daerah. Gunakan anggaran seefisien mungkin, kurangi belanja-belanja yang kurang produktif dan pastikan semuanya tepat sasaran." [mus]