Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 Juli 2019 | 19:02 WIB

PPP Ingin Pelabuhan di Batam Bisa Saingi Dominasi Singapura

Team VIVA »
Syahrul Ansyari
Foto :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Pelabuhan Sekupang Pintu Masuk Indonesia-Singapura

VIVA - Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Abdul Aziz, menyebut banyak pelabuhan di Indonesia yang bisa dikembangkan lebih baik untuk menyaingi dominasi Singapura dalam dunia pelayaran internasinal. Di antaranya adalah pelabuhan-pelabuhan yang ada di Batam, Kepulauan Riau.

Namun sayang, saat berkunjung ke Batam beberapa waktu lalu, pelabuhan di pulau dekat Singapura itu tidak tertata dengan baik. Ia mencontohkan Pelabuhan Sekupang yang masih semrawut. Di Batam juga ada Pelabuhan Batu Ampar.

Baca Juga

“Saat berkunjung ke pelabuhan Sekupang Batam beberapa waktu lalu, kondisinya cukup semrawut. Fasilitas terkesan seadanya, kapal penumpang dan kapal barang juga masih bercampur dalam satu lokasi yang tak tertata dengan baik,” kata Aziz melalui keterangan tertulisnya, Senin, 22 Juli 2019.

Ia menyebut posisi Batam yang dekat dengan Singapura dan Malaysia bisa menjadi pelabuhan di daerah itu menjadi pelabuhan alih muat atau transshipment alternatif untuk kargo ekspor Indonesia. Bahkan seharusnya arus barang baik itu ekspor dan impor yang selama ini bergantung pada pelabuhan Singapura sedikit demi sedikit bisa dikurangi dengan memaksimalkan Sekupang.

Terpopuler

“Untuk menjadi pelabuhan kelas dunia, Sekupang perlu ditata lebih dahulu. Ada pemisahan antara pelabuhan penumpang dengan pelabuhan barang. Fasilitas pelabuhan barang juga ditingkatkan seperti menggunakan crane pelabuhan yang baru dan canggih, lokasi penumpukan barang harus dibenahi, begitu juga dengan administrasi pelabuhan dan lainnya,” kata Aziz.

Aziz menyebut bukan tidak mungkin Indonesia ke depannya bisa mengalahkan Singapura dalam hal menyediakan fasilitas pelabuhan internasional jika ada pembenahan yang baik. Jika ini terjadi, maka akan membuat visi 2019-2024 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo bisa lebih mudah tercapai. Para investor akan mudah tertarik untuk datang ke Indonesia dan pertumbuhan ekonomi akan lebih meningkat daripada sebelumnya.

“Selama ini salah satu yang membuat Singapura unggul karena mempunyai pelabuhannya yang canggih, tertib, dan memiliki tata kelola yang baik. Padahal, area pelabuhan Singapura terbatas dan banyak bergantung kepada negara lain seperti ketersediaan air bersih dan lainnya,” kata Aziz.

Aziz yakin Presiden Jokowi akan memberikan perhatian lebih pada dunia pengembangan pelabuhan di periode kedua, termasuk pelabuhan Sekupang. Sehingga ketergantungan pada pelabuhan Singapura semakin berkurang dan indeks kemudahan investasi Indonesia makin meningkat.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polisi Tangkap 47 WNA Komplotan Penipuan Online di Batam
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu