Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 24 Juli 2019 | 06:02 WIB

Inspiratif, Petani Ini Jadi Konglomerat Berkat Kentang Goreng

Foto :
  • wartaekonomi
Wew! Petani Ini Jadi Konglomerat Berkat Kentang Goreng. (FOTO: Unsplash/Emmy Smith)

Terkadang kekayaan seseorang memang datang dari hal-hal yang tidak diduga. Seperti salah satu miliarder asal Amerika Serikat (AS), John Simplot. Seorang petani miskin itu mendadak menjadi miliarder berkat kentang produksinya.

Baca Juga

Jika Anda pernah memakan kentang goreng di restoran cepat saji McDonald’s, berarti Anda tahu produksi kentang Simplot. Pasalnya, Simplot merupakan produsen dari kentang siap goreng tersebut.

Bukan datang dari keluarga kaya raya, Simplot mulai terjun ke dunia bisnis saat dirinya kabur dari rumah karena ayahnya tak mengizinkannya menonton sepak bola. Dengan berbekal uang US$20 dan koin emas dari ibunya, Simplot menggunakan uang tersebut untuk berbisnis mulai dari membeli dan menjual senapan, babi, kulit binatang hingga makanan. Dari uang bekal ibunya, Simplot berhasil mengantongi keuntungan lebih dari US$7.000.

Terpopuler

Ini menjadi modal awal untuk Simplot. Ia menggunakan hasil labanya untuk membeli mesin pertanian, kuda, dan bibit kentang. Kemudian, ia juga membeli mesin penyortir kentang untuk mempermudah usahanya.

Awalnya, Simplot hanyalah petani kentang biasa. Namun saat perang dunia kedua, ia diminta untuk memasok kentang dan sayuran kering untuk konsumsi tentara AS saat perang.

Mulai dari sanalah bisnis Simplot mulai berkembang. Untuk memudahkan budi daya, Simplot melakukan penambangan fosfat untuk pupuk tanamannya. Kemudian, ia mengirimkan kentang dalam kotak yang terbuat dari kayu yang ia susun sendiri.

Sisa kentang yang tidak dikirimkan, ia gunakan untuk pakan ternak. Hal ini menjadikan ia lebih hemat dan efisien dalam pengeluaran.

Kerja samanya dengan McDonalds dimulai pada 1960. Saat itu ia langsung menyetujui untuk memproduksi kentang beku hanya untuk McDonalds.

Hingga saat ini, kentang produksinya masih ada di seluruh outlet McDonald’s di seluruh dunia. Di tahun 2007, nama John Simplot sempat menempati posisi ke-89 sebagai orang terkaya di Amerika Serikat versi Majalah Forbes.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Crazy Rich Vietnam, Pakai Perhiasan Emas Seberat 13 Kilogram
TVONE NEWS - 11 bulan lalu