Gubernur BI Ungkap Kunci Keberhasilan Pengendalian Inflasi

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan laporan pengendalian inflasi kepada Wakil Presiden, Jusuf Kalla dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2019. 

Rapat dengan tema 'Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif' ini dihadiri oleh seluruh kepala daerah di Indonesia.

Perry mengucapkan terima kasih kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang telah menjadi pilar penting dalam pengendalian inflasi di Indonesia. Sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah dikatakan menjadi kunci sukses menjaga inflasi pada tingkat yang rendah.

"Sinergi yang menjadi kunci kenapa inflasi kita sejak tahun 2015 sampai hari ini berhasil dikendalikan ke tingkat yang sangat rendah yaitu 3 persen. Dulu pernah double digit sekarang 3 persen," ujar Perry dalam sambutannya, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis 25 Juli 2019.

Dia menyampaikan, keberhasilan pengendalian inflasi itu terlihat dengan adanya keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi hingga komunikasi yang efektif. 

Hal itu juga terkait dengan perkuatan infrastruktur dalam setiap aspek pengendalian inflasi. Ke depan, pembangunan infrastruktur akan ditingkatkan khususnya wilayah di luar Jawa.

"Kata kunci yang kedua adalah adaptasi inovasi kami melihat dengan pengendalian inflasi di berbagai daerah sudah terjadi inovasi-inovasi penggunaan teknologi digital di dalam pengendalian inflasi," kata dia. 

Sementara itu, kunci yang ketiga adalah semakin terbukanya ruang inovasi dalam model bisnis kerja sama perdagangan antardaerah. "Kami melihat dari satu provinsi atau dari satu daerah ke daerah lain perdagangan antardaerah kini sudah mulai tumbuh dan terus, bisa kita perluas," kata dia.

Selain itu dia juga menekankan perlu pengoptimalan lembaga ekonomi di perdesaan maupun badan usaha milik daerah.

"Melalui ketiga hal tersebut sinergi, inovasi teknologi informasi maupun perdagangan antardaerah kami yakin tim pengendalian inflasi pusat maupun daerah akan semakin kokoh sebagai wujud koordinasi dan sinergi Pemerintah Pusat, Pemda dan BI," ujarnya. [mus]