Serap 5.000 Tenaga Kerja, Crown Bangun Hunian Elite di Pantai Ancol

Ilustrasi apartemen Crown Group di Australia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Crown Group akhirnya membangun hunian vertikal di Ancol, Jakarta Utara. Proyek ini adalah yang pertama kali digarap Crown di luar Australia dan salah satu masterpiece hunian vertikal kelas dunia di Indonesia.

CEO Crown Group, Iwan Sunito, mengatakan proyek prestisius yang berada di Ancol, Jakarta Utara ini akan terdiri dari delapan menara. Salah satu menara akan menjadi hotel bintang lima dan berdiri di bibir pantai ancol.

Menurut dia, proyek ini bakal menyerap 5.000 pekerja dalam kurun waktu delapan tahun. Proyek ini merupakan bagian dari proyek strategis global yang akan membangun empat proyek hunian baru di tiga negara berbeda.

“Kami juga sedang menyiapkan proyek lain di atas tanah seluas 12 hektare yang nantinya akan mampu mengakomodir sekitar 6,000 unit apartment. Tentu saja secara konsep akan berbeda dengan proyek hunian vertikal di Ancol karena akan lebih mengusung konsep yang lebih kompak dengan fleksibilitas yang tinggi,” jelas Iwan dalam keterangan tertulisnya, Senin 29 Juli 2019.

Sementara itu, Pemerhati properti Indra Utama, mengungkapkan menara hunian yang dibangun Crown ini menjadi pusat perhatian bagi setiap mancanegara yang menuju Jakarta. Apalagi, proyek hunian ini dapat dilihat saat pesawat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Sebuah proyek strategis yang dibutuhkan oleh kota ini dalam upayanya bertransformasi menjadi sebuah kota megapolitan Dunia,” kata Indra.

Selain itu, Indra menambahkan potensi pendapatan daerah yang bisa didapatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari proyek Ancol ini sangat besar. Untuk itu, proyek ini harus segera dimulai pembangunannya.

Senada dengan Indra, Presiden IDN-Global, Mark Gerald Eman, mengungkapkan proyek ini merupakan salah satu bukti nyata dari fungsi utama dari Diaspora, yaitu Connecting The Dots. 

Menurut dia, para diaspora yang berasal dari Indonesia bisa pulang kampung dalam membangun negaranya tercinta, salah satunya Iwan Sunito pemiliki Crown Group ini.

“Sinergi yang terjadi antara Crown Group dengan PT Pembangunan Jaya Ancol merupakan sebuah sinergi strategis dalam membantu pengembangan kota Jakarta kedepannya,” tegas Gerald.

Adapun proyek yang saat ini sedang dalam persiapan, dirancang oleh arsitek kelas dunia yaitu Koichi Takada. Proyek ini terinspirasi dari keindahan kepulauan Wayag di Papua, yang menggabungkan konsep beach house, hunian vertikal, hotel bintang lima serta pusat kuliner.

Proyek ini dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektare dengan konsep Luxury Water Front Living, hunian vertikal ini merupakan perwujudan dari kawasan waterfront Sydney yang terkenal di dunia seperti darling harbour dan circular quay dalam pembangunan hunian vertikal mixed-use dengan konsep Water Front pertama di Jakarta. (ren)