Listrik Jakarta Padam, Sejumlah ATM Bank Alami Gangguan

Ilustrasi orang mengambil uang di ATM.
Sumber :
  • Businessinsider.com

VIVA – Padamnya listrik sejak siang tadi berdampak pada operasional ATM sejumlah perbankan. Bank Mandiri dan Bank BCA mengatakan beberapa ATM berlokasi di luar kantor cabang mengalami gangguan.

Meski begitu mayoritas layanan di kantor cabang Bank Mandiri beroperasi normal karena seluruh jaringan kantor cabang Bank Mandiri memiliki genset untuk mem-backup pasokan listrik.

"Meski demikian, kami memperkirakan beberapa ATM yang berlokasi di luar cabang Bank Mandiri atau di gedung yang tidak memiliki genset, akan mengalami gangguan karena daya tahan baterai (UPS/Unit Power Supply) hanya untuk 1-2 jam," kata Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 4 Agustus 2019.

Dia mengatakan, pihaknya saat ini juga terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pengelola-pengelola gedung untuk memastikan dan memonitor ketersediaan pasokan listrik untuk ATM dan EDC Bank Mandiri.

Untuk layanan mandiri online, Rohan memastikan tetap berjalan normal. Namun, layanan ini dapat terimbas jika jaringan seluler di lokasi nasabah terganggu.

"Kami terus memastikan bahwa layanan perbankan Bank Mandiri tetap berfungsi untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat," ujar Rohan.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BCA, Jan Hendra mengatakan, pemadaman listrik yang terjadi di sebagian wilayah Jabodetabek mengakibatkan terganggunya sebagian layanan ATM. Pihaknya mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut.  

"Nasabah tetap dapat melakukan transaksi perbankan melalui layanan elektronik BCA antara lain BCA mobile, Internet Banking, Klik BCA, dan Sakuku BCA," ujarnya.

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Meiliana mengatakan, operasional sebagian besar mesin ATM BNI di area yang terkena pemadaman listrik oleh PLN tetap berjalan normal. Saat ini masih terdapat lebih dari 15.000 ATM BNI yang bisa melayani transaksi nasabah di seluruh Indonesia. 

Dia juga memastikan operasional ATM-ATM yang berada di luar gedung kantor cabangnya akan kembali normal setelah pasokan listrik ke gedung pulih.  "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna setia ATM BNI," kata Meiliana.

Transaksi, juga masih dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking. BNI menganjurkan nasabah dan mitra setianya untuk menggunakan mesin-mesin ATM yang berada di dalam area kantor cabang BNI, karena memiliki cadangan daya yang memadai. 

"Atau dapat menggunakan ATM BNI di area yang memiliki pasokan listrik gedung yang cukup, misalnya di mal, restoran, bandara atau area public services yang memiliki pasokan listrik genset."