PLN Pastikan Per Malam Ini Tidak Ada Pemadaman Bergilir Lagi di DKI

Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat PLN, Haryanto W.S
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Hingga saat ini PT PLN mengaku masih terus memantau perkembangan jaringan listrik di masyarakat, usai adanya gangguan yang terjadi pada Minggu 4 Agustus 2019 kemarin.

Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat PLN, Haryanto W.S memastikan, sejak pukul 17.50 WIB sore tadi sudah tidak ada lagi pemadaman yang dilakukan pihaknya di wilayah DKI Jakarta.

"Sejak 17.50 WIB sudah tidak ada lagi pemadaman," kata Haryanto di Kantor Pusat PT PLN, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 5 Agustus 2019.

Selain itu, Haryanto mengklaim bahwa PLN telah berhasil mengoperasikan 5.000 megawatt listrik di Jakarta, dan menyediakan tambahan 3.000 megawatt lainnya.

"Ini akan mengurangi pemadaman yang masih ada di wilayah Banten dan Jawa Barat sebesar 1.200 megawatt," kata Haryanto.

Dia mengakui hingga saat ini dan ke depannya, berbagai upaya dalam rangka perbaikan aliran listrik masih akan terus dilakukan secara bertahap, dari Timur ke Barat, meskipun diakuinya masih cukup lambat.

"Kami membangun sistem yang dilakukan secara bertahap dari timur ke barat, dengan hati-hati. Agar sistem tidak rusak lagi," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya PT PLN (Persero) sempat mencatat sejumlah kawasan yang masih mengalami pemadaman hingga hari ini. Executive Vice President Corporate Communication & CSR PT PLN, I Made Suprateka mengatakan, ada sejumlah wilayah yang mengalami pemadaman bergilir yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB hari ini.

"Karena ada sedikit nge-trip, tadi ada jaringan yang menyebabkan turunnya tegangan. Jadi tidak ada evakuasi daya di sana," kata Made.

Beberapa wilayah Jabodetabek yang dimaksud mengalami pemadaman bergilir tersebut antara lain adalah Kapuk Kamal Muara, Daan Mogot Batu Ceper, Tegal Alur Cengkareng, Raya Resek, Kampung Pondok Bahar, Menceng Raya, Duri Kosambi, Rawa Buaya, Semanan Raya, Pondok Indah, Pamulang, Cilandak, Lebak Bulus, TB Sumatupang, Pejaten, dan Cibubur.

Selain itu, ada juga wilayah Jembatan Besi, Hayam Wuruk, Gunung Sahari, Pluit, Pondok Aren, Mampang, Kuningan, Rawamangun, Pisangan Lama, Cempaka Putih, Green Lake City, Tegal Alur, Cipinang, Cililitan, MT Haryono, Cilincing, Plumpang, Tanah Abang, Sudirman, Slipi, Kebon Sirih, MH Thamrin, Pondok Kelapa, Kelapa Gading, Sunter.