Fakta Pohon Sengon yang Dituduh Sebagai Penyebab Mati Listrik

Petugas PLN melakukan pemeliharaan instalasi listrik.
Sumber :
  • instagram.com/plntv

VIVA – Pohon sengon menjadi tertuduh penyebab padamnya listrik di sebagian wilayah pulau Jawa. Dikutip dari berbagai sumber, memang ketinggian pohon ini bisa mencapai 30 hingga 45 meter.

Pohon sengon dengan lebar sekitar 70 sampai 140 sentimeter itu tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, China Selatan, dan Indonesia.

Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, memang tak bisa menyimpulkan bahwa pohon sengon adalah penyebab utama padamnya listrik di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Namun, dia tak membantah pohon itu menjadi salah satu penyebab gangguan transmisi di pulau Jawa.

"Kalau persoalan pemadaman kemarin yang meliputi tiga daerah, (pohon sengon) itu bukan penyebab tunggal," kata Inten di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 6 Agustus 2019.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, sebelumnya mengatakan, di transmisi atau SUTET Ungaran-Pemalang 500 kV itu ada pohon sengon dengan ketinggian sembilan meter.

"Nah, ini menyebabkan adanya hubungan singkat itu ada kebakaran di sana, namun tidak besar, kecil, namun membuat jaringan rusak fatal. Itu yang tidak boleh. Jadi, tidak ada penyebab lainnya hacker dan sebagainya, Apalagi sabotase," ujar dia kepada wartawan.

Untuk itu, dia menegaskan, secara teknis PLN sudah mempunyai standar operasional prosedur dalam menjalankan aktivitasnya. "Supaya tidak ada pertanyaan-pertanyaan lagi simpang siur, sehingga terjadi hoax," katanya.

Hingga saat ini, PLN masih melakukan investigasi penyebab menyeluruh matinya listrik di sebagian Jawa tersebut. Sebab, pohon sengon hanya salah satu penyebabnya. "Kami akan melibatkan pakar yang ahli dalam sistem ketenagalistrikan," ucap Sripeni. (asp)