Bank Mandiri Pastikan Bunga Kredit Konsumer Turun 25-50 Basis Poin

Gedung Bank Mandiri
Sumber :
  • www.mandiri-capital.co.id

VIVA – PT Bank Mandiri Tbk, memastikan bakal melakukan penyesuaian bunga kredit terhadap turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia, yang turun pada Juli 2019 lalu menjadi sebesar 5,75 persen. Dengan begitu, bunga kredit akan mengalami penurunan.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, penurunan bunga kredit yang lebih cepat terjadi yakni kredit konsumer, misalnya kredit otomotif dan Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Kedua kredit tersebut, dipastikannya bisa mengalami penurunan di bawah tujuh persen.

"Turun konsumer terutama, lebih cepat turun, karena persaingan luar biasa. Konsumer terdiri dari KPR, Otomotif. KPR kalau yang FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) itu memang yang bersubsidi memang rendah sekali. Turunnya kira-kira bertahap, antara 25 sampai 50 basis poin," kata dia di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

Meski begitu, dia menegaskan, penurunan tersebut akan terjadi sekitar 3-6 bulan, setelah turunnya suku bunga acuan. Penurunan itu akan terjadi baik untuk bunga kredit maupun bunga simpanan seperti deposito, tabungan ataupun giro.

"Biasanya legging antara penurunan suku bunga dana dan kredit itu sekitar 3-6 bulan. Dana kan ada tabungan, deposito, dan giro. Kalau deposito kan time deposit, tunggu kalau dia sudah turun, begitu perpanjangan, bunganya ikut turun nanti baru menyesuaikan kreditnya," ucap dia.

Dia juga memastikan, penurunan tingkat bunga itu juga sudah sesuai dengan harapan pemerintah untuk mendorong keberadaan tingkat bunga yang rendah di kisaran tujuh persen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat dan arus investasi yang lebih deras.

"Saya rasa sejalan, kami sambut baik apa yang disampaikan Pak Jusuf Kala. Kami juga meilhatnya seperti itu. Tentunya, kami juga dari suku bunga dana lebih dulu turun dibandingkan teman-teman yang lain. Kalau suku bunga dana turun, cost of fund kami juga turun. Kalau turun, tentunya bunga kreditnya juga akan ikut turun, tapi gradual," ungkap dia.