Anies Banggakan Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Anies Baswedan di acara Musyawarah Provinsi Kadin DKI Jakarta, 8 Agustus 2019.
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membanggakan ekonomi di Jakarta tumbuh dengan baik dalam masa kerja Pemprov DKI saat ini. Menurut Anies yang juga mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, laju pertumbuhan ekonomi Jakarta sering ada di atas enam persen.

"Alhamdulillah Jakarta pertumbuhan ekonominya baik, 6,17 persen di tahun 2018," ujar Anies, membuka Musprov IX Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.

Anies menyampaikan, ia memiliki komitmen untuk menjaga pertumbuhan ekonomi positif itu. Salah satu caranya adalah senantiasa memastikan aturan-aturan tentang usaha di Jakarta, tidak malah membingungkan para pengusaha yang bisa berimbas pada tersendatnya ekonomi.

"Kita ingin menjaga bahwa ekosistem usaha di Jakarta itu tumbuh sehat," ujar Anies.

Selain itu, Anies mengemukakan, dukungan DKI atas lancarnya usaha para pengusaha merupakan faktor juga untuk menjamin ekonomi tumbuh positif. Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017 ini menjanjikan regulasi-regulasi yang mendukung dunia usaha akan terus diterbitkan, juga dipertahankan DKI.

"Untuk mencapai itu (pertumbuhan positif dunia usaha) harus ada kepastian dari sisi regulasi, sehingga para pengusaha bisa bekerja tanpa kekhawatiran tentang ketidakpastian aturan," ujar Anies.

Pertumbuhan ekonomi Jakarta pada triwulan I-2019 mencapai 6,23 persen, lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional di periode yang sama, yaitu 5,07 persen. Pada triwulan II, angka itu menjadi 5,71 persen, namun tetap lebih tinggi dari angka nasional, yaitu 5,05 persen.